Unik, Peringati Hari Kemerdekaan Kampung Biuku Banjarmasin Utara Gelar "Lomba Dayung Hantu"

terasbanua.com, Banjarmasin - Dalam memeriahkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang diperingati setiap tanggal 17 Agustus.



Warga Kampung Biuku, Kelurahan Sungai Andai, Kecamatan Banjarmasin Utara mengelar perlombaan Dayung Hantu di Sungai Biuku, Rabu (17/8/2022) sore.


Camat Banjarmasin Utara, Noorrahmawati menuturkan lomba dayung hantu ini sendiri merupakan perlombaan wajib setiap tahunnya yang dilaksanakan oleh warga Kampung Biuku.


"Kalau dulu hanya warga Kampung Biuku saja yang ikut lomba, sekarang masing-masing kelurahan diminta mengutus perwakilan untuk ikut lomba," ucap Noorrahmawati di sela-sela lomba berlangsung.


Menariknya, ia mengungkapkan bahwa perlombaan dayung hantu di Sungai Biuku ini menjadi pelopor pertama di Kota Banjarmasin. Mengingat juga warga tinggal di wilayah yang dekat dengan sungai.


Lomba dayung hantu ini sendiri, lanjutnya hampir serupa dengan lomba tarik tambang. Namun media yang digunakan ialah dua jukung yang saling tarik menarik.


Jika salah satu jukung melewati pembatas yang telah dibuat, maka dinyatakan telah memenangkan perlombaan tersebut.


"Kalau tarik tambang pakai tali dan di darat. Nah kalau dayung hantu ini, dua jukung kecil yang saling terikat itu tarik menarik di sungai," paparnya.


Selain memperlombakan dayung hantu, warga Kampung Biuku juga mengelar perlombaan Bekunyung Biuku yang diikuti oleh anak-anak dan orang dewasa.


Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid), Dinas Kebudayaan, Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Kota Banjarmasin, Fitriah mengatakan sangat mengapresiasi perlombaan di Kampung Biuku yang berbeda dari pelombaan biasanya.


"Ini menjadi salah satu upaya untuk menghidupkan wisata Kampung Biuku supaya lebih dikenal lagi," tuturnya.


Apalagi lanjutnya, Kampung Biuku masuk jadi wisata unggulan yang ada di Kota Banjarmasin dan lebih menonjolkan wisata susur sungai yang ada di kawasan tersebut.


Rencananya lomba dayung hantu ini juga akan menjadi atraksi dalam menyambut pengunjung yang akan datang di wisata Kampung Biuku.


"Jadi nanti kita perkenalkan dayung hantu ini kepada pengujung dan mereka boleh ikut mencoba," tutupnya.



Hamdiah

7 tampilan0 komentar