Tanggap Cepat Keluhan Warga, Sampah TPS Cendana yang Meluber di Jalan Telah Dibersihkan

terasbanua.com, Banjarmasin - Menanggapi adanya keluhan warga terhadap sampah di Tempat Penampungan Sampah (TPS) Cemara yang meluber hingga ke jalan beberapa waktu lalu hingga sempat viral.



Lurah Sungai Miai, Gusti Ikrom Akrab langsung melakukan pembersihan sampah yang meluber ke jalan dengan segeranya diangkut ke mobil sampah.


"Kita bergerak cepat dan Alhamdulillah sampah yang berserakan sudah dibersihkan dan diangkut," ucap Ikrom, Kamis (22/9/2022).


Kemudian lanjutnya, pihaknya juga meminta bantuan dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Banjarmasin untuk menyemprot sisa-sisa sampah basah yang masih menempel di jalan hingga menimbulkan bau tidak sedap di kawasan itu.


"Kita minta tolong diturunkan satu armada BPK untuk menyemprot sisa-sisa sampah yang masih banyak untuk mengurangi bau," imbuhnya.


Adapun tindak selanjutnya, ia meminta kepada paman gerobak di program surung sintak yang membuang sampah di TPS Cendana untuk meletakkannya sampah di dalam TPS. Jangan di luar TPS karena bakal berserakan hingga ke jalan.


Belum lagi lanjutnya, para pemulung yang mencari sampah bernilai jual dengan cara dipilah-pilah yang tanpa disadari membuat tumpukan sampah berserakan.


"Jadi letakan sampah ke dalam TPS lah dan sesuai waktunya," himbau nya.


Di sisi lain, diakuinya ia mendapat usulan dari warganya untuk memindah letak TPS karena sampah sering berserakan belum lagi baunya yang cukup menganggu warga.


Namun menurutnya pemindahan TPS tidak lah mudah, karena keterbatasan lahan yang ada di Kota Banjarmasin serta alasan lainnya.


"Tapi dari rapat dengan Satpol PP dan DLH saya harap ada strategi baru. Entah penambahan truk yang tadi 4 bisa 6 atau 8 sehingga sampah yang datang tidak menumpuk banyak," terangnya.


Selain itu, ia juga meminta pihak Satpol PP untuk melakukan pengawasan di kawasan TPS Cendana tersebut. Agar tidak ada pemulung yang memilah sampah hingga berserakan di jalan.


Hamdiah

2 tampilan0 komentar