Sukseskan Program BIAN, Imunisasi Akan Dilaksanakan Ke Sekolah-Sekolah

terasbanua.com, Banjarmasin - Seiring dengan adanya program pemerintah mengenai Bulan Imunisasi Anak (BIAN) di bulan Mei ini.



Pemerintah kembali menggiatkan imunisasi pada anak yang biasanya rutin dilaksanakan setiap tahunnya di Indonesia tak terkecuali Kota Banjarmasin.


Mengingat selama pandemi Covid-19 melanda dua tahun lalu. Cakupan imunisasi pada anak sangat rendah dan mengalami penurunan drastis dibandingkan tahun sebelumnya.


Maka dari itu, pemerintah kembali giatkan imunisasi dan juga melibatkan sekolah yang berperan penting untuk menyasar anak-anak usia sekolah agar bisa mendapatkan imunisasi lanjutan.


"Jadi sasaran anak usia sekolah itu TK dan SD yang ada di Banjarmasin," ucap Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Banjarmasin, kepada awak media, Jumat (20/5/2022).


Nuryadi mengatakan untuk bisa menyukseskan program pemerintah tersebut, pihaknya akan melaksanakan imunisasi langsung di sekolah.


Di samping pelayanan imunisasi pada anak bisa didapatkan langsung ke Puskesmas yang ada di Banjarmasin.


"Rencananya ada, nanti dijadwalkan setelah mereka turun kembali ke sekolah dan yang jelas kita sosialisasikan kepada orang tua," tandasnya.


Disisi lain, menurutnya pemberian imunisasi untuk anak usia sekolah dasar ini sudah seharusnya wajib untuk dilakukan.


Pasalnya, imunisasi ini bertujuan untuk mempertahankan kekebalan tubuh serta memperpanjang masa perlindungan pada anak yang sudah mendapatkan imunisasi dasar.


Apalagi sekarang ini banyak penyakit-penyakit tidak terduga menyerang anak-anak. Terutama penyebaran penyakit Hepatitis misterius yang sekarang ini sudah sedikit mengkhawatirkan.


"Jadi tolong lah kepada orang tua bersedia anaknya diberikan imunisasi agar anak sehat dan kebal dari penyakit," pungkasnya.


Hamdiah

1 tampilan0 komentar