Sepekan Terdampak Banjir Rob, Warga Prona Ingin Pemerintah Serius Tanggani Banjir

terasbanua.com, Banjarmasin - Sudah sepekan lamanya warga di kawasan Prona, Kelurahan Pemurus Baru, Banjarmasin Selatan merasakan dampak banjir rob.

foto Hamdiah

Berdasarkan pantauan jurnalis terasbanua.com di lapangan. Hampir seluruh permukiman warga tergenang banjir rob. Dimana saat ini ketinggian banjir sudah hampir selutut kaki orang dewasa pada siang hari.


Mama Aulia, warga Prona 1 mengaku semenjak banjir rob melanda. Ia bersama keluarganya di rumah terpaksa tidur di atas meja karena banjir sudah memasuki rumahnya.


"Di dalam rumah itu selutut saya sudah ketinggian banjir kalau malam. Makanya kami terpaksa tidur di atas meja," ucapnya kepada jurnalis terasbanua.com saat diajak berbincang-bincang, Jumat (10/12/2021).


Ia mengatakan bahwa memang dua hari belakangan ini genangan banjir lebih tinggi dibandingkan sebelumnya. Menurutnya hal tersebut, terjadi karena curah hujan tinggi diserta air sungai yang pasang dan juga telah memasuki musimnya.


"Setiap malam kami selalu was-was kalau saja banjir pasang seperti awal tahun lalu," ujarnya.


Tidak hanya itu, penyebab lainnya dari banjir juga karena sungai kecil di kawasan permukiman warga dan gorong-gorong saluran air tersumbat karena banyaknya sampah.


Ia mengungkapkan bahwa hingga saat ini masih banyak ditemukan oknum warga yang sengaja membuang sampah sembarangan ke sungai dan juga gorong-gorong.


Meskipun sudah ada petugas kebersihan sampah setiap harinya di kawasan tersebut. Tetap saja ada beberapa oknum warga yang masih nakal membuang sampah di sungai.


"Disaluran sungai di rumah itu suamiku membersihkan sampah hingga dua kali angkut becak. Masih saja ada lagi sampah karena ada beberapa orang masih membuang sampah," bebernya.


Hal senada juga turut disampaikan oleh Rini, warga Prona II. Menurutnya perhatian serius Pemerintah saat ini dalam penangganan banjir ialah membersihkan sungai-sungai serta gorong-gorong di permukiman warga.


"Kalau bisa jangan jalan yang ditinggikan. Tapi gorong-gorong di kawasan sini perlu bersihkan dan diperbaiki," tuturnya.


Maka dari itu, ia berharap pemerintah bisa bertindak tegas pada oknum warga yang masih saja membuang sampah ke sungai hingga berdampak buruk pada seluruh warga di kawasan Prona.


"Kita tidak berani menegur kalau orang marah. Kecuali pemerintah langsung yang negur. Tapi ya kembali kesadaran masyarakat sendiri harusnya," tandasnya.


(Hamdiah)

2 tampilan0 komentar