Resmi Dibentuk, Damkar dan Penyelamatan Lakukan Pembenahan Secara Internal dan Eksternal

terasbanua.com, Banjarmasin - Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Banjarmasin telah resmi dibentuk saat ini.


Ahmad Muzaiyin, Plt Kepala Dinas Damkar dan Penyelamatan

Meskipun sudah dibentuk, posisi jabatan Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) baru ini masih kosong.


"Masih menunggu proses lelang untuk mengisi kekosongan kepala Dinas itu," ucapnya Ahmad Muzaiyin selaku Plt Kepala Dinas Damkar dan Penyelamatan, Ahmad Muzaiyin kepada awak media, Jumat (28/1/2022).


Adapun untuk penjabat struktural di Dinas Damkar dan Penyelamatan itu sendiri telah dilantik oleh Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina sebelumnya (25/1/2022).


Setelah terbentuknya Dinas Damkar dan Penyelamatan ini, pihaknya akan melakukan pembenahan internal maupun eksternal terlebih dahulu.


"Kita lebih fokus terkait pembenahan internal dari kawan-kawan Dinas Damkar sendiri maupun secara eksternal berkoordinasi dengan stakeholder baik itu BPK/PMK swakarsa yang ada di Banjarmasin dan pihak lainnya," terangnya.


Ia mengungkapkan bahwa baru saja melakukan pertemuan dan komunikasi dengan stakeholder terkait. Guna membahas mengenai penanganan dan mengantisipasi terjadinya musibah kebakaran.


"Tindaklanjuti dari pertemuan itu kita akan buat surat edaran dalam minggu depan kita bagikan lagi. Semoga itu menjadi panduan sementara sampai dengan revisi Perda Nomor 13 Tahun 2028 itu bisa selesai," jelasnya.


Guna meminimalisir terjadinya kecelakaan dalam menjalankan tugas. Pihaknya akan bekerja sama dengan Satlantas Polresta Banjarmasin untuk melaksanakan safety driving kepada pengemudi mobil kebakaran.


"Tetap kita menghimbau. Untuk sementara ini pembatasan zonanya kan masih Sungai Martapura. Mungkin itu dulu yang jadi panduan awal. Nanti ke depannya seperti apa Perda yang baru, pembagian zona, pengaturan teknisnya itu yang mengatur lebih lanjut," tandasnya.


Sementara itu, peningkatan sarana prasarana di Dinas Damkar dan Penyelamatan. Pihaknya telah mengajukan satu buah mobil pemadam kebakaran melalui anggaran tahun 2022.


"Mudah-mudahan bisa terealisasi segera," harapnya.


(Hamdiah)

3 tampilan0 komentar