Pemko Banjarmasin Akan Gelar Apel Siaga Untuk Menangani Bencana Banjir

terasbanua.com, Banjarmasin - Melihat dari kondisi banjir yang sudah mulai merendam di beberapa kawasan di kota Banjarmasin beberapa hari terakhir ini.

Banjir menggenangi Jalan di kawasan Bumi Mas, Banjarmasin Selatan awal tahun lalu (dokumentasi).

Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDB) Kota Banjarmasin berencana dalam waktu dekat akan menggelar apel siaga dalam menangani bencana banjir.


"Insya Allah dalam pekan ini kita akan apel siaga untuk siaga menghadapi fenomena alam La Nina kemudian juga air pasang," ucap Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina saat ditemui awak media, Kamis (11/11/2021).


Dalam menghadapi musibah banjir, pihaknya juga akan turut memberdayakan para relawan Barisan Pemadam Kebakaran (BPK).


Tidak hanya itu, pihaknya juga akan melakukan sosialisasi kepada warga Kota Banjarmasin. Terutama warga bertempat tinggal di kawasan yang rentan terkena banjir untuk mengantisipasi hal-hal tidak diinginkan terjadi.


"Jangan sampai terjadi adanya korban, rumah-rumah dipinggir sungai itu rubuh. Makanya harus kita antisipasi. Jadi kami imbau kita harus bersiap siaga," tandas Ibnu.


Selain itu, untuk menghindari kemungkinan-kemungkinan terburuk yang akan terjadi. Pemko Banjarmasin pun siap mengerahkan semua potensi sumber daya dalam bisa menangani bencana banjir.


"Kalau sudah darurat bencana kegiatan APBD pun bisa kita refocusing dan kalaupun tidak ada anggarannya kita bisa potong yang lain-lain. Semua dikerahkan untuk menyelamatkan jiwa manusia dan penangan terhadap bencana," terangnya.


Berdasarkan laporan yang diterima BPBD Kota Banjarmasin, saat ini genangan banjir sudah merendam beberapa kawasan yakni Jafri Zam-Zam, Kelayan, Jalan Lambung Mangkurat serta di daerah Utara.


"Ada kawasan-kawasan yang cukup rawan terjadinya genangan walaupun siang surut," akhirnya.


(Hamdiah)

4 tampilan0 komentar