Masyarakat Menyambut Baik Kebijakan Jokowi Izinkan Lepas Masker di Ruang Publik

terasbanua.com, Banjarmasin - Adanya pengumuman dari Presiden Joko Widodo mengenai pelonggaran protokol kesehatan terhadap pengunaan masker di tempat umum baru-baru ini.



Tampaknya disambut baik oleh masyarakat Indonesia. Terlihat sudah adanya beberapa masyarakat yang melepas masker saat berada di ruang publik.


Seperti di kawasan objek wisata Siring Menara Padang yang terletak Jalan Kapten Piere Tendean, Kelurahan Gadang, Kecamatan Banjarmasin Tengah, Minggu (22/5/2022) sore.


Kebanyakan masyarakat yang berkunjung di objek wisata andalan di Kota Banjarmasin tersebut dengan santainya tidak mengunakan masker.


Herman salah satu pengunjung mengaku saat mengetahui adanya himbau pelonggaran protokol kesehatan tersebut. Ia sangat senang dan bersyukur akhirnya Indonesia sudah bisa bebas dari pengunaan masker.


Pasalnya, pengunaan masker dalam beraktivitas keluar rumah selama dua tahun terakhir cukup menganggu pernafasan karena susah menghirup udara dengan leluasa.


"Senang lah akhirnya bisa menikmati udara yang sejuk tanpa terhalang masker lagi," ucapnya saat diajak berbincang-bincang oleh jurnalis terasbanua.com.


Diakuinya awal-awal diwajibkan pengunaan masker, memang agak sedikit menganggu pernafasan karena pengap. Namun karena keseringan mengunakan hingga sudah menjadi kebiasaan.


"Tapi kalau mau kemana-mana tetap membawa masker. Tapi kalau sudah di tempat umum seperti ini baru dilepas," tuturnya.


Hal senada juga disampaikan, Utami warga asal Trisakti yang menikmati akhir pekan bersama keluarganya di Siring Menara Pandang.


Utami mengaku senang akhirnya kondisi Indonesia membaik dan kembali normal seperti sebelum adanya pandemi Covid-19 melanda.


"Alhamdulillah sudah boleh lepas masker merasa bebas dan saya juga sudah vaksin dosis kedua," ungkapnya.


Walaupun diakuinya masih ada sedikit kekhawatiran akan adanya penularan virus lainnya. Mengingat sekarang ini, berbagai macam jenis varian virus mulai senter dikabarkan di berita nasional.


"Seperti hepatitis misterius yang heboh baru-baru ini. Ya jadi sedikit khawatir lah," katanya.


Kendati demikian, ia sangat menyambut baik adanya kebijakan baru ini. Tentunya ia berharap ini menjadi awal baik untuk Indonesia bangkit dari keterpurukan karena pandemi Covid-19.



Hamdiah

2 tampilan0 komentar