Lomba Kelotok Hias Diikuti 13 Peserta, Berbagai Keunikan Dipertunjukkan

terasbanua.com, Banjarmasin - Wisata Budaya Pasar Terapung kian meriah dengan adanya pergelaran lomba kelotok hias yang dilaksanakan di Sungai Martapura tepat di Taman Siring 0 di Siring 0 Kilometer Banjarmasin, Jumat (12/8/2022) malam.



Nampak terlihat kelotok-kelotok yang mengikuti lomba dihiasi dengan cantik dari berbagai ornamen serta karakter. Tentunya juga dihiasi dengan lampu warna warni yang mempercantik penampilan kelotok hias saat dipertunjukkan malam hari.


Pertunjukan kelotok hias dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kalimantan Selatan yang ke-72 tahun ini menjadi tontonan menarik dari masyarakat Kota Banjarmasin maupun daerah luar.


Dapat dilihat dari ramainya kunjungan masyarakat di objek wisata Kota Banjarmasin tersebut untuk melihat pergelaran kelotok hias yang tengah berlangsung.


"Ada sebanyak 13 kelotok hias yang mengikuti perlombaan malam ini," ucap Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setdaprov Kalsel, Nurul Fajar Desir yang mengantikan Gubernur Kalsel yang tidak bisa berhadir karena ada kesibukan lain yang tidak bisa ditinggalkan.


Ia mengungkapkan bahwa peserta lomba merupakan dari seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) yang memeriahkan pergelaran Festival Wisata Budaya Pasar Terapung dalam atraksi budaya kelotok hias.


Ia juga menginginkan dalam momen festival ini bisa kembali menggeliatkan pariwisata di Kalsel. Apalagi setelah terdampak karena pandemi Covid-19 yang melanda.


"Kita berharap ini bisa menarik gairah para wisatawan luar daerah maupun luar negeri untuk berkunjung," ujarnya.


Di samping itu, ia menjelaskan bahwa melalui Festival Wisata Budaya Pasar Terapung ini juga dapat menggeliatkan perekonomian yang memang sangat terdampak karena pandemi Covid-19 dua tahun lalu.


"Festival wisata budaya pasar terapung ini tidak hanya mengelar keindahan sungai tapi mengakomodir UMKM untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini," tutupnya.


Hamdiah

2 tampilan0 komentar