Kini Urus Berkas Penting Jadi Mudah, Tanpa Perlu Menunggu Lama di Kantor Disdukcapil

terasbanua.com, Banjarmasin - Sebagaimana komitmen Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Kini di kota Banjarmasin telah hadir Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) untuk memudahkan masyarakat dalam mencetak langsung berbagai dokumen penting.

"Hari ini kita meresmikan sebuah sarana HDM untuk melengkapi fasilitas pelayanan kita kepada masyarakat," ucap Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina usai meresmikan ADM di Siring Menara Pandang, Rabu (1/12/2021).


Ada tiga dokumen penting yang bisa dicetak pada ADM ini yaitu Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK) dan Akta Kelahiran yang langsung diproses di tempat.


Ibnu berharap hadirnya ADM ini bisa meminimalisir antrian panjang masyarakat yang mengurus langsung di kantor Disdukcapil Kota Banjarmasin.


Adapun untuk pemilihan lokasi berdirinya ADM di Siring Menara Pandang memang ada alasan. Menurutnya lokasi tersebut pas sekali karena berada di titik pusat banyaknya kunjungan masyarakat.


"Jadi sambil berkunjung ke sini bisa langsung sekalian cetak berkas. Kalau mau mencetak nanti dibantu sama petugas yang berjaga," akhirnya.


Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Banjarmasin, Madyan menambahkan bahwa untuk bisa mengunakan ADM ini syaratnya harus mendaftarkan diri terlebih dahulu ke Disdukcapil atau UPT pelayanan kependudukan Disdukcapil yang ada di tiap kantor kecamatan.


Selanjutnya, pemohon akan mendapatkan email yang berisi barcode untuk percetakan dokumen kependudukan di mesin ADM. Dimana ada dua barcode yang diterima melalui email, satu barcode masuk mesin ADM, kedua untuk mencetak dokumen yang diinginkan.


"Makanya warga yang ingin mencetak itu harus mempunyai email aktif," tuturnya.


Untuk proses pencetakannya pun tidak memakan waktu lama. Asal sudah mendaftar terlebih dahulu maka dalam hitungan 2-3 menit, dokumen sudah tercetak.


Adapun waktu operasional ADM untuk sementara ini dibuka pada jam kerja saja. Dimana dalam pelayanan ADM ini juga ada petugas yang stand by di tempat untuk mendampingi warga yang ingin mencetak dokumen.


"Nanti kita evaluasi. Kalau perlu di luar jam kerja, nanti kita bisa fasilitasi," ujarnya.


Disisi lain, Maydan membeberkan bahwa rencananya pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) di 2022 nanti. Setiap Kecamatan akan memiliki satu ADM.


"Tapi ya kita evaluasi saja dulu. Kalau yang ini bagus dan rencana tahun depan satu lagi kita dirikan itu juga bagus. Ya bisa kita anggarkan lagi," tandasnya.


Tidak hanya itu, adanya rencana pembangunan mall pelayanan publik di tahun yang akan datang. ADM juga rencanannya akan di tempatkan di sana.


"Semua perizinan terpadu ada disitu semua. Jadi kita akan bangun satu disana yang rencananya mall pelayanan publik itu akan dibangun di Mitra Plaza," pungkasnya.


(Hamdiah)

12 tampilan0 komentar