Ketersediaan Vaksin Anak Kian Menipis di Puskesmas Pekauman

terasbanua.com, Banjarmasin - Vaksinasi anak usia 6 sampai 11 tahun terus gencar dilakukan Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin.



Guna mempercepat capaian vaksinasi anak, Pemko Banjarmasin melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjarmasin mengelar vaksinasi anak langsung ke sekolah.


Meskipun begitu, vaksinasi anak juga bisa didapat di seluruh puskesmas yang ada di Banjarmasin.


Dias (38) warga asal Teluk Tiram mengajak anaknya untuk melakukan vaksinasi di Puskemas Pekauman Banjarmasin.


Ia mengaku sebelumnya anaknya tidak mengikuti vaksinasi anak di sekolah karena lagi sakit. Sehingga menunda vaksinasi.


"Kebetulan anak saya lagi sakit diare jadi ditunda dulu sampai ada pengumuman untuk langsung melakukan vaksin di puskesmas baru," ungkapnya.


Disisi lain, ia sangat mendukung program pemerintah ini karena menurutnya pasti ada tujuan baik dibalik program vaksinasi anak ini.


Ia juga semakin yakin setelah pengalaman dari suaminya yang telah melakukan vaksinasi. Pasalnya setelah terpapar Covid-19, tidak menunjukkan gejala parah.


"Di sekolah tidak mewajibkan anak harus bervaksin untuk bisa ikut PTM. Tapi karena bervaksin bagus untuk kekebalan tubuh ya jadi ikuti saja," terangnya.


Sementara itu, Kepala Puskesmas Pekauman Afri Amorrinto, menerangkan bahwa vaksinasi anak cukup antusias disambut masyarakat.


Bahkan saat ini ketersediaan vaksin jenis Sinovac untuk anak di Puskesmas Pekauman sangat menipis dan hanya tersisa 20 dosis saja lagi.


"Masih menunggu distribusi vaksin tambahan lagi," ujarnya.


Sebelumnya, ia mengaku bahwa setiap minggunya pihaknya bisa mendapat 1000 dosis vaksin.


"Kalau sekarang berkurang karena stok vaksin di Dinkes juga saat ini sedikit jadi kita manfaatkan yang ada saja," pungkasnya.


Adapun untuk ketersediaan vaksin jenis lainnya seperti AstraZaneca dan Pfizer masih terbilang banyak.


"AstraZaneca itu ada 50 dosis dan Pfizer ada sebanyak 132 dosis," akhirnya.


(Hamdiah)

1 tampilan0 komentar