• Krisna

Keterlaluan, Isi Beserta Bangunan Gudang Dicuri. Pelaku Akhirnya Ditangkap

terasbanua.com, Banjarmasin - Polsek Banjarmasin Barat berhasil mengungkap kasus pencurian dengan pemberatan di Jalan Jafri zam-zam Komplek Grawiratama RT 39 RW 03 Kelurahan Belitung Selatan, Banjarmasin Barat.

Kapolsek Banjarmasin Barat AKP Faizal Rahman didampingi Kanit Reskrim Iptu Yadi Yatullah saat menjelaskan kronologi pencurian gedung. Foto: Krisna.

Uniknya dalam peristiwa tersebut pencuri tidak tanggung tanggung, bukan hanya isi bangunannya yang hilang, namun pencuri juga turut membongkar satu buah rumah kosong dan gudangnya juga ikut hilang rata dengan tanah.


Diungkapkan oleh Kapolsek Banjarmasin Barat AKP Faizal Rahman didampingi Kanit Reskrim Polsek Banjarmasin Barat Iptu Yadi Yatullah bahwa kejadian tersebut dilaporkan oleh pemilik bagunan yang lenyap tersebut, H Aftahudin (51).


"Berawal dari Rabu (19/5/2021), korban merasa curiga dengan biaya air yang cukup besar. Padahal bangunan tersebut tidak berpenghuni, jadi korban meminta orang untuk mengeceknya," tutur Kapolsek Banjarmasin Barat. Senin (31/5/2021).


"Setelah dicek, terjawab kecurigaannya bahwa rumah beserta gudangnya tersebut telah hilang dan yang tersisa hanya fondasinya," lanjutnya.


Ia menjelaskan bangunan yang tersebut digunakan oleh H Aftahudin untuk menyimpan perabot pernikahan seperti properti pelaminan dan sejenisnya.


"Jadi bangunan tersebut merupakan rumah yang difungsikan sebagai tempat menyimpan barang-barang usahanya," jelasnya.


Menanggapi laporan tersebut, kemudian Unit Ops Reskrim Polsek Banjarmasin Barat yang dipimpin Iptu Yadi Yatullah pun langsung melakukan proses penyelidikan.


Hingga akhirnya pada Kamis (20/5/2021) sekitar pukul 16.00 Wita, petugas berhasil menangkap pelaku saat berada di Jalan Prona 2 Kelurahan Pemurus Baru Kecamatan Banjarmasin Selatan.


"Pelaku sempat berusaha kabur, namun petugas lebih siap hingga bisa mengantisipasi dan menangkap pelaku," ungkapnya.


Kapolsek Banjarmasin Barat menjelaskan pelaku pencurian tersebut ternyata adalah mantan karyawan korban, bernama H-E (39) warga Jln Belitung Darat Gang Inayah Kelurahan Kuin.


Bagaimana pelaku jadi bisa tidak dicurigai warga sekitar saat menjalankan aksinya? Kepada petugas pelaku mengaku bahwa ia berkata pada warga dan RT setempat bahwa gedung tersebut sudah dibeli dan akan dibongkar dengan maksud akan dibangun bangunan baru lagi.


"Warga sekitar tentu tidak curiga, karena warga tau dia itu karyawan dari korban. Memanfaatkan kepercayaan tersebut, bangunan itu dibongkar dan isinya dia angkut, kemudian dijual kepada pembeli secara bertahap," jelas AKP Faizal Rahman.


Berdasarkan hasil introgasi, pelaku mengaku aksi pencurian tersebut sudah ia lakukan cukup lama, yaitu sejak tanggal 17 Maret 2021 hingga 18 Mei 2021.


"Bangunan tersebut memang jarang dijenguk oleh korban. Dan saat dicek, bangunannya sudah lenyap, dari keterangan warga diketahui bahwa itu adalah perbuatan tersangka yang merupakan mantan karyawannya," terang Kapolsek Banjarmasin Barat.


Dengan kejadian tersebut Korban diperkirakan mengalami kerugian sekitar Rp 350.000.000,00.


Kini Herman harus menyesali perbuatannya yang melanggar hukum di Hotel Prodeo. Herman terancam pasal 363 KUHP tentang Pencurian dengan Pemberatan dengan hukuman penjara maksimal 7 tahun.


(Krisna)

54 tampilan0 komentar