Keren, Ambulan Sungai Hadir di Banjarmasin, Warga Bantaran Sungai Bisa Manfaatkan Fasilitas Ini

terasbanua.com, Banjarmasin - Kini Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin telah menghadirkan ambulan sungai RSUD Sultan Suriansyah dan telah siap dioperasikan sejak hari ini, Jumat (12/11/2021) bertepatan dengan puncak Peringatan Hari Kesehatan Nasional 2021.

Tentunya kehadiran ambulan sungai ini diharapkan mampu menunjang pelayanan kesehatan serta memudahkan akses terutama warga bantaran sungai yang hendak dirujuk ke RSUD Sultan Suriansyah.


"Lengkaplah fasilitas untuk sarana antar jemput dan rujuk merujuk pasien terutama pasien melahirkan agar kita menghindari angka kematian ibu dan bayi baru lahir.


Tentunya ini yang menjadi tujuan utama disediakannya ambulan sungai ini," ucap Machli Riyadi seusai mendampingi Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina dalam meresmikan ambulan sungai.


Ambulan sungai ini juga nantinya akan dimanfaatkan dalam kegiatan-kegiatan penting kearifan lokal seperti lomba dayung, perahu, dan festival pasar terapung. Apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan agar bisa ditolong segera.


"Kalau ada terjadi insiden kita bisa cepat menanggulangi dan memberikan pertolongan termasuk kegiatan pemerintah daerah yang juga sering dilakukan di sungai," terang Machli.


Adapun penyediaan fasilitas pelayanan kesehatan ini merupakan hasil lelang dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Banjarmasin yang telah menghabiskan biaya sebesar Rp 800 juta.


Ambulan sungai ini juga dilengkapi dengan perlengkapan medis yang nyaman untuk pasien yang hendak dirujuk. Sehingga bisa melakukan pertolongan pertama langsung.


"Lengkap dengan peralatan darurat seperti ada monitor, tensi, dan oksigen yang sudah disiapkan 3 tabung di dalamnya. Jadi kalau mengangkut pasien jarak jauh, kita bisa memastikan masyarakat kita terlayani dengan baik," jelasnya.


Bagi warga yang ingin dirujuk mengunakan ambulan sungai ini bisa langsung menghubungi call center 119. Tentunya pelayanan ini gratis tak dipungut biaya untuk masyarakat umum dan bisa diakses 1x24 jam bagi masyarakat yang membutuhkan.


Sementara itu, Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina menambahkan bahwa sarana baru ini untuk menunjang mutu pelayanan kesehatan di Kota Banjarmasin.


Mengingat hampir 30 persen warga bertempat tinggal di bantaran sungai. Ibnu berharap hadirnya ambulan ini bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh warga.


Ibnu juga menyebutkan bahwa tidak menutup kemungkinan pelayanan ambulan sungai ini bisa digunakan oleh kabupaten tetangga lainnya.


"Untuk sekarang di kota dulu, tapi tidak menutup kemungkinan kalau misalnya jalur sungainya ada seperti Sungai Martapura ini bisa ke jalur Kabupaten Banjar dan juga Kabupaten Batola," akhirnya.


(Hamdiah)

7 tampilan0 komentar