Kepatuhan Masyarakat Banjarmasin Dalam Wajib Bayar Pajak Cukup Tinggi

terasbanua.com, Banjarmasin - Kepatuhan membayar pajak secara suka rela di lapisan masyarakat Banjarmasin selama ini cukup tinggi.



Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Kepala Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kota Banjarmasin, Eko Priharyanto Wibowo saat ditemui awak media di Lobby Balai Kota Banjarmasin, Senin (28/3/2022).


Ia mengungkapkan bahwa 71 persen masyarakat Kota Banjarmasin taat pembayaran pajak dan pelaporan pajak dari 91 persen taat wajib pajak.


"Sekitar 1,2 triliun wajib pajak Banjarmasin, dari target 1,48 triliun di 2021," bebernya.


Sementara untuk di tahun 2022 ini, target pembayaran pajak di Banjarmasin mengalami penurunan, yakni menjadi sekitar 820 miliar rupiah.


Menurutnya, penurunan tersebut terjadi karena pembayaran pajak tidak diterima secara full di kantor Direktorat Jenderal Pajak Banjarmasin.


"Sehingga kami hanya menerima wajib pajak kalangan menengah ke bawah," ujarnya.


Hingga sekarang ini lanjutnya, ada sekitar 18 persen atau sekitar 151 miliar wajib pajak yang telah dikumpulkan pihaknya.


Mengingat kota berjuluk Seribu Sungai sebagai kota perdagangan, sehingga menyumbang wajib pajak terbesar mencapai 27 persen.


"Dilihat dari angka mencapai 71 persen, Banjarmasin sudah termasuk memiliki ketaatan tinggi secara nasional," terangnya.


Lebih jauh, ia menjelaskan bahwa ada sekitar 158 wajib pajak yang melakukan ketaatan Program Pengungkapan Sukarela (PPS) wajib pajak. Di atas dari rata-rata angka secara nasional.


Apalagi lanjutnya, Banjarmasin memiliki kepala daerah yang mengajukan PPS terlebih dahulu. Sehingga menjadikan contoh bagi masyarakatnya dan wajib pajak di kota seribu sungai tersebut dinilai sangat baik.


(Hamdiah)

3 tampilan0 komentar