Kenapa Masih Ada Minyak Goreng Kemasan Mahal di Bazar Pasar Murah? Ini Alasannya

terasbanua.com, Banjarmasin - Menanggapi adanya keluhan dari warga kota Banjarmasin yang kecewa dengan harga minyak goreng kemasan yang tetap mahal dijual di bazar pasar murah.



Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Banjarmasin, Ichrom Muftezar angkat bicara.


Tezar sapaan akrabnya menjelaskan bahwa ada kesalahpahaman warga terhadap harga minyak goreng kemasan yang dijual sekarang ini.


Pasalnya, berbagai kemasan minyak goreng yang dijual pasti berbeda-beda harganya. Tergantung dari merek kemasan.


"Makanya kemarin Permendag Nomor 6 Tahun 2022 terkait dengan HET waktu itu yang telah dihapus sekarang. Itu ada tiga kategori yaitu minyak goreng curah, kemasan sederhana dan kemasan premium," terangnya.


Sehingga menurutnya, apabila warga mengira harga minyak goreng yang dijual bazar pasar murah masih mahal. Kemungkinan itu adalah kategori minyak goreng kemasan premium.


Maka dari itu, ia meminta warga untuk bisa memahami dan membedakan antara minyak goreng kemasan sederhana dengan kemasan premium yang memang agak lebih mahal.


"Kalau dirasa lebih mahal tolong dicek dulu. Apakah yang dijual bazar pasar murah itu kemasan sederhana atau premium. Jangan sampai di sama ratakan harganya," tandasnya.


Meskipun begitu, ia sudah mengingatkan para distributor minyak goreng kemasan premium untuk menjual dengan harga yang lebih murah dibandingkan harga di pasaran.


"Kita tetap ingatkan mereka untuk jual lebih murah di bazar pasar murah ini, dibandingkan harga di pasaran," tuturnya.


Adapun untuk minyak goreng kemasan subsidi yang telah siapkan dalam bazar pasar murah itu. Dijual dengan harga lebih terjangkau yakni sebesar Rp. 22 ribu per liternya.


(Hamdiah)

51 tampilan0 komentar