Kemenag Kota Banjarmasin Berikan Izin Kegiatan Keagamaan di Bulan Ramadan

terasbanua.com, Banjarmasin - Bulan suci Ramadan 2021 / 1442 H akan segera tiba. Kementerian Agama (Kemenag) Kota Banjarmasin, memperbolehkan kegiatan keagamaan di bulan puasa.

Kebijakan tersebut diambil dari hasil rapat bersama para pengurus masjid dan musholla Banjarmasin beberapa waktu lalu di Kantor Kemenag Kota Banjarmasin.


Kegiatan keagamaan yang diperbolehkan di bulan puasa merupakan kegiatan seperti biasanya yakni sholat taraweh berjamaah, sholat fardhu berjamaah, kuliah subuh, serta kegiatan Nuzulul Quran.


Kendati demikian, kegiatan tersebut tetap harus mematuhi protokol kesehatan (Prokes) ketat dengan kapasitas tempat yang dibatasi.


"Namun dengan kapasitas jumlah jamaah di masjid maupun musholla 50 persen dari sebelumnya," papar Kepala Kemenag Kota Banjarmasin, Muhammad Rofi'i, kepada terasbanua.com, Jumat (9/4/2021).


Baik itu kegiatan shalat tarawih berjamaah maupun buka puasa bersama tetap memperhatikan jarak aman yakni satu meter. Penyediaan tempat cuci tangan dan pengecekan suhu badan juga dilakukan untuk memastikan keadaan jamaah memang dalam kondisi sehat.


"Kami meminta para pengurus masjid maupun musholla terus melakukan pengawasan dalam pelaksanaannya," tuturnya.


Selain itu, dirinya juga meminta dilakukannya penyemprotan disinfektan di area masjid maupun mushalla guna memastikan tempat tersebut benar-benar steril dan aman dari virus Covid-19.


Mengingat masih dalam situasi pandemi Covid-19. Di mana  jumlah kasus positif hingga hari ini masih cukup tinggi di Banjarmasin dan menghindari adanya klaster penyebaran baru disaat menjalankan ibadah selama satu bulan penuh.


Dirinya juga berharap kegiatan seperti buka puasa bersama dan sahur bisa dilaksanakan di rumah masing-masing bersama keluarga untuk menghindari terjadinya kerumunan.


(Hamdiah)

0 tampilan0 komentar