Kemenag Izinkan Buka Puasa Bersama dan Salat Tarawih Dengan Syarat

terasbanua.com, Banjarmasin - Kementerian Agama Kota Banjarmasin mengizinkan adanya kegiatan buka puasa bersama pada bulan Ramadan ini.

Kepala Kementerian Agama Kota Banjarmasin, Muhammad Rofi'i
Kepala Kementerian Agama Kota Banjarmasin, Muhammad Rofi'i

"Buka puasa bersama dipersilahkan saja tapi tetap dijaga prokes dan kapasitasnya 50 persen dan terpenting jaga jarak," ucap Kepala Kementrian Agama Kota Banjarmasin, Muhammad Rofi'i kepada terasbanua.com, Kamis (8/4/2021) sore.


Kendati demikian, dirinya tetap mengimbau warga agar melaksanakan buka bersama keluarga karena lebih aman. Mengingat kasus Covid-19 di Banjarmasin terbilang masih tinggi.


"Akan lebih baik itu berkumpul dengan keluarga inti di rumah saja," tuturnya.


Hal serupa juga perlu diperhatikan pada kegiatan sahur. Dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan sebagaimana yang terus digalakkan pemerintah untuk meminimalisir penyebaran Covid-19.


"Kalaupun harus di luar dengan kapasitas 50 persen dari tempatnya dan tetap menerapkan prokes. Itu lah panduan yang berkaitan kegiatan bulan Ramadan di masa Covid-19," ingatnya kembali.


Sebelumnya, Kementerian Agama telah resmi menerbitkan panduan ibadah selama Ramadan 2021 di masa pandemi Covid-19.


Dalam panduan tersebut, terdapat pengaturan terkait penyelenggaran salat tarawih serta kegiatan buka puasa bersama.


Panduan ibadah Ramadan 2021 yang tertuang dalam Surat Edaran Nomor 03 Tahun 2021 menyebutkan diantaranya salat tarawih di masjid serta kegiatan berbuka puasa bersama boleh digelar dengan jumlah maksimal orang yang hadir hanya 50 persen dari total kapasitas.


(Hamdiah)

0 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua