Kelompok Tani Makmur Panen Padi 6,3 Ton Per Hektar

terasbanua.com, Kotabaru - Bupati Kotabaru H. Sayed Ja'far menghadiri panen raya perdana demfam peningkatan mutu  intensifikasi (agrobisnis padi sawah) di Kelompok Tani Makmur Desa Sampanahan Kecamatan Sampanahan, Kamis (11/11/2021).

Bupati Kotabaru Sayed Jafar, hadiri panen raya perdana.

Demonstrasi usaha tani berkelompok yang disingkat dengan Demfarm (Demonstrasi Farming) merupakan metode percontohan, serta upaya fasilitasi pembelajaran bagi kelompok tani.


Demfarm ini dilakukan di lahan seluas 10 hektar yang ditanami Varietas Mekongga dan Infari 32 dengan hasil ubin 3,8 kg.


Kepala dinas Pertanian Ir. Khairudin mengatakan metode tanam yang Dilakukan melalui penerapan telnologi padi yang sudah teruji untuk meningkatkan produksi dan  produktivitas padi (Paket introduksi teknologi)


"Alhamdulillah panen kegiatan Demfarm peningkatan mutu intensifikasi agrobisnis padi sawah tahun 2021 ini berhasil, yang dulunya panen 2-3 ton/hektar, setelah menggunakan paket introduksi teknologi meningkat menjadi 6,3 ton/hektar," ungkapnya


Khairuddin juga berharap semoga nantinya ada petani-petani milenial ke depannya, karena kita mengembangkan pertanian dengan sistem IT, karena yang muda lebih mengerti teknologi," saatnya yang muda bangkit maju dan berkembang," tandasnya.


Bupati Kotabaru mengapresiasi serta penghargaan kepada semua pihak yang telah bekerjasama dengan pemerintah daerah, Kelompok Tani Makmur Desa Sampanahan khususnya yang telah berhasil melaksanakan panen raya perdana Demfarm padi sawah.


"Selamat untuk Kelompok Tani Makmur atas keberhasilan untuk panen padi sawah hari ini semoga keberhasilan ini bertambah berkah untuk masyarakat," ungkap Sayed


Sayed Ja'far juga menghimbau kepada dinas pertanian agar terus melakukan sosialisasi dan penyuluhan kepada kelompok tani agar tidak gagal panen.


"Untuk  seluruh penyuluh di Kabupaten Kotabaru, agar terus memberikan bimbingan kepada petani kita sehingga petani dapat terbantu dalam meningkatkan produksi ke depannya," jelas orang nomor satu di Bumi Sa-Ijaan.


Terakhir Bupati berharap semoga panen akan datang lebih berhasil lagi, untuk mendukung program ketahan pangan demi penguatan di sektor agrobisnis di Kabupaten Kotabaru.


(Her)

3 tampilan0 komentar