Kejar Target Capaian Vaksinasi, Dinkes Akan Gelar Vaksinasi di Posko Keamanan Nataru

terasbanua.com, Banjarmasin - Guna memaksimalkan capaian vaksinasi di Kota Banjarmasin pada penghujung tahun 2021. Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjarmasin akan mendirikan pos vaksinasi Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjarmasin, Machli Riyadi

Tentunya hal tersebut bertujuan untuk mempercepat pembentukan herd immunity di tengah masyarakat dengan target vaksinasi 80 persen.


Rencananya vaksinasi Covid-19 akan digelar jelang perayaan natal dan tahun baru (Nataru) yakni pada 24 Desember 2021 sampai 2 Januari 2022 nanti.


Dimana pelaksanaan vaksinasi Covid 19 tersebut akan digelar di posko keamanan depan Duta Mall Banjarmasin bergabung dengan pos penjagaan nataru.


"Jadi masyarakat maupun pengunjung mall yang belum sempat bervaksin akan diarahkan untuk bervaksin di situ," ucap Kepala Dinkes Kota Banjarmasin, Machli Riyadi, Selasa (30/11/2021).


Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, Machli Riyadi mengungkapkan bahwa keputusan untuk mendirikan posko vaksinasi Covid-19 merupakan hasil dari rapat koordinasi bersama pemerintah pusat yang dilakukan di ruang Rupatama Mapolresta Banjarmasin belum lama tadi.


"Tahun kemarin kita antigen massal secara acak, sekarang diganti jadi vaksinasi," bebernya.


Adapun untuk mekanisme pelaksanaan vaksin sendiri di mulai pukul 9 pagi hingga sore dikarenakan vial vaksin yang dibawa sangat tergantung dengan suhu ruang yang stabil.


Sehingga jika terjadi perubahan suhu yang drastis di lapangan. Maka akan merusak komposisi vaksin itu sendiri.


"Jika Naik 2 sampai 8 derajat celsius saja, kualitas vaksin yang dibawa ke pos vaksinasi akan berubah," tuturnya.


Melalui durasi waktu dalam pelaksanaan vaksinasi tersebut. Diharapkan vaksinasi yang tersedia nantinya bisa habis dengan cepat, agar kualitas vaksin yang disuntikan masih bagus.


(Hamdiah)

2 tampilan0 komentar