Kejar Capaian, Pemko Bakal Gelar Pekan Vaksinasi Lansia dengan Dooprize Menarik

terasbanua.com, Banjarmasin - Hingga sekarang capaian vaksinasi pada lanjut usia (lansia) di Kota Banjarmasin masih belum capai target di angka 60 persen. Adapun persentase capaian vaksinasi lansia masih di angka 52,66 persen.



Guna mengejar tertinggal tersebut, Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin pun akan melaksanakan kegiatan pekan vaksinasi lansia.


"Ini upaya kita dalam percepatan vaksinasi pada lansia melalui pelaksanaan pekan vaksinasi lansia selama satu minggu untuk dosis pertama," ucap Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjarmasin, Doyo Pudjadi melalui jumpa pers kepada awak di Balai Kota Banjarmasin, Kamis (10/3/2022).


Dalam pelaksanaan pekan vaksinasi lansia ini, pihaknya melibatkan seluruh stakeholder terkait. Baik itu dari Polresta Banjarmasin, Kodim 1007 Banjarmasin dan dan lainnya untuk ikut serta menyukseskan program pemerintah tersebut.


Kemudian lanjutnya, kegiatan vaksinasi tersebut akan dilaksanakan di 52 titik di Banjarmasin dan dibantu tenaga kesehatan (nakes) dari 26 Puskesmas di Banjarmasin.


Selain itu, dari Babinsa dan Babinkantibmas untuk melakukan mobilisasi warga lansia yang hendak di vaksin di tiap Kelurahan.


"Kita terus berupaya untuk mendongkrak capaian vaksinasi yang tadinya 52, 66 persen bisa naik dan capai target," harapnya.


Tentunya langkah ini diambil, guna mendekatkan pelayanan vaksinasi pada lansia, apalagi bagi lansia yang kesulitan berjalan.


Adapun ia menargetkan setiap titik itu, setidaknya ada 21 lansia yang bisa ia vaksin setiap harinya. Dengan begitu, setiap harinya ada ribuan lansia yang dapat disuntikan vaksin.


"Kalau dalam sehari itu bisa seribu lebih yang bisa divaksin. Maka dalam sepekan itu diperkirakan ada sekitar 7 ribu lebih lansia. Kalau sesuai perkiraan, target vaksinasi lansia pun bisa tercapai," terangnya.


Untuk menambah daya tarik dalam vaksinasi kali ini. Pihaknya sudah menyiapkan berbagai dooprize yang di undi nantinya bagi lansia yang sudah ikut berpartisipasi.


"Kita siapkan satu unit sepeda motor dan emas dari Pemko sebanyak 25 gram yang dibagi pada masing-masing Kecamatan sebanyak 5 gram," ungkap Doyo.


(Hamdiah)

2 tampilan0 komentar