Kedapatan Mudik Langsung Balik Kanan, Petugas Akan Jaga Jalur Masuk Kota

terasbanua.com, Banjarmasin - Mudik sudah menjadi tradisi tahunan masyarakat menjelang lebaran Hari Raya Idul Fitri untuk bertemu sanak keluarga di kampung halaman.

Endri, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan Banjarmasin.
Endri, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan Banjarmasin.

Namun tahun ini mudik kembali dilarang, mengingat kasus Covid-19 tidak mengalami penurunan sampai saat ini. Sehingga dikhawatirkan menimbulkan penyebaran Covid-19 di tengah keluarga.


"Pemerintah pusat ada larangan mudik pertanggal 6 Mei nanti," ucap Endri, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan Banjarmasin.


Untuk itu pihaknya pun akan mulai melakukan pembatasan di setiap titik arus masuk kota pada 6 Mei mendatang. Apakah nanti ada penutupan arus atau hanya diberi penyekat di setiap titik masuk kota.


"Untuk pelaksanaan di lapangan kita masih berkoordinasi dengan pihak terkait baik itu kepolisian, TNI dan lainnya yang jelas kegiatan ini akan berlangsung mulai tanggal 6 Mei nanti," tegasnya.


Pastinya apabila ditemukan ada yang nekat mudik maka pihaknya akan meminta pengendara untuk balik kanan jika terbukti.


"Kita atur mekanisme rekayasa lalu lintas seperti apa nanti. Apakah balik kanan atau arus itu ditutup masih dikoordinasikan," terangnya.


"Kita lihat kondisi di lapangan di beberapa titik seperti apa nantinya. Kita akan menempatkan petugas di titik masuk," imbuhnya.


Dirinya juga menuntut kejelian para personel yang menjaga nantinya. Guna menghindari adanya tindakan mengelabui dengan mengunakan kendaraan pribadi.


Kebijakan ini tentunya berlaku untuk warga yang ingin keluar kota, maupun warga luar daerah yang ingin masuk ke wilayah Banjarmasin.


"Angkutan umum itu sudah biasa. Saya harap kejelian petugas itu pada kendaraan pribadi. Jadi kalau dilihat banyak bawaan ya langsung cegat saja," ujarnya.


Titik arus masuk kota Banjarmasin sendiri diantaranya,  A.Yani Kilometer 6, Trans Kalimantan atau Handil Bakti dan juga di jalan Lingkar Selatan.


(Hamdiah)

11 tampilan0 komentar