Kecelakaan Pemadam Kebakaran Saat Bertugas, Ini Tanggapan Ibnu

terasbanua.com, Banjarmasin - Beberapa waktu lalu telah terjadi insiden tabrakan sebuah mobil Barisan Pemadam Kebakaran (BPK) dengan pengendaraan motor saat hendak menuju lokasi terjadinya kebakaran.


Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina.

Diketahui, dalam insiden tabrakan yang terjadi di Jalan Sutoyo S, Kelurahan Teluk Dalam, Banjarmasin Barat itu mengakibatkan dua remaja perempuan saat ini terbaring kritis di rumah sakit. Sedangkan dua korban lainnya mengalami luka-luka ringan.


Kecelakaan yang terjadi saat bertugas oleh para BPK di Banjarmasin ini bukan kali pertama terjadi.


Sebelumnya, insiden serupa juga pernah terjadi pada tahun 2021 lalu. Dimana dalam insiden kecelakaan tersebut, mobil BPK dari arah Banjarmasin menuju Martapura menabrak seorang pejalan kaki hingga tewas.


Menanggapi hal tersebut, Wali Banjarmasin, Ibnu Sina menuturkan bahwa ia telah meminta Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Pemadam Kebakaran Kota Banjarmasin untuk selalu mengimbau para relawan kebakaran agar mengutamakan keselamatan diri dan orang lain dalam menjalankan tugas.


"Mengejar api itu memang tugas mulia tapi keselamatan perlu diperhatikan," ucapnya saat ditemui awak media, Jumat (7/1/2022).


Disinggung mengenai zonasi kerja bagi pemadam swasta maupun di bawah naungan binaan pemerintah kota? Ibnu mengaku akan mencoba memetakan lagi untuk pelaksanaan, karena sebelumnya sudah pernah dilakukan.


"Sebetulnya bisa seger diterapkan, tinggal memang dari damkarnya sendiri untuk segera melakukan konsolidasi. Ayo ambil lagi komitmen," tuturnya.


Adapun untuk Dinas Pemadam Kebakaran Kota Banjarmasin rencananya akan segera dibentuk tahun ini.


"Mudah-mudahan lebih intens dalam membina BPK/PMK swasta maupun mandiri untuk dalam menjalankan tugas bisa lebih hati-hati. Jangan sampai terjadi lagi karena terkait nyawa manusia," tandasnya.


(Hamdiah)

2 tampilan0 komentar