Kecamatan Banjarmasin Utara Gelar Musrenbang, Sistem Usulan Online Dilakukan Bimtek Terlebih Dahulu

terasbanua.com, Banjarmasin - Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) yang diselenggarakan di Kantor Kecamatan Banjarmasin Utara secara resmi di buka Wakil Wali Kota Banjarmasin, Hermasyah, Senin (8/2/2021).

Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) di Kantor Kecamatan Banjarmasin Utara. Foto : Hamdiah
Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) di Kantor Kecamatan Banjarmasin Utara. Foto : Hamdiah

Musrenbang kali ini diakui Hermasyah sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, yang mana dulu usulan disampaikan mengunakan sistem manual, sedangkan sekarang untuk pertama kalinya mengunakan sistem online.


"Dulukan sistem manual ditulis, sekarang dimasukkan ke sistem online supaya ini terkoneksi dengan pemerintah provinsi dan pusat," ucap Hermasyah usai Musrenbang.


Usulan yang masuk di Musrenbang nantinya akan diseleksi terlebih dahulu untuk masuk usulan prioritas Kecamatan dan lanjut ke Pemerintah Kota Banjarmasin.


"Jadi usulan-usulan yang disampaikan oleh masyarakat nanti diseleksi yang mana usulan prioritas dan yang mana telah diusulkan sejak lama. Ini nanti diverifikasi oleh tim bersangkutan," tuturnya.


Karena banyak yang belum tahu dan belum mengerti terhadap sistem online ini, pihak terkait sudah sepakat untuk melakukan Bimbingan Teknis (Bimtek) terlebih dahulu.


"Tadi sudah disepakati bahwa sistem aplikasi ini nanti dilakukan bimtek walau kemarin sudah dilakukan bimtek yang diajukan oleh lurah dan camat tetapi masyarakat yang mengusulkan nanti diharuskan untuk diberitahu dan dilakukan dulu bimtek. Nanti paling lambat itu sebelum Musrenbang di tingkat kota," paparnya.


Selain itu, mengingat Banjarmasin baru saja mengalami banjir dan menjadi salah satu daerah yang terdampak banjir cukup parah, tentunya ini menjadi momentum tepat untuk mengusulkan pembangunan.


"Kami harap ini menjadi moment bagi para lurah dan tokoh masyarakat setempat untuk mengusulkan pembangunan," ujarnya.


(Hamdiah)

23 tampilan0 komentar