Kecamatan Banjarmasin Timur Gelar Rekapitulasi Suara Hari Pertama

TERAS BANUA, BANJARMASIN - Setelah selesai pada proses pengumpulan logistik dan surat suara di setiap TPS yang ada di 9 kelurahan di Kecamatan Banjarmasin Timur, Kota Banjarmasin, Kamis (10/12/2020), kini lanjut pada tahapan pleno rekapitulasi hasil perhitungan suara tingkat Kecamatan.


Proses rekapitulasi suara di Kecamatan Banjarmasin Timur, Jumat (11/12/2020).
Proses rekapitulasi suara di Kecamatan Banjarmasin Timur, Jumat (11/12/2020).

Dari hasil pantauan reporter terasbanua.com, pada hari pertama pleno rekapitulasi suara di Kecamatan Banjarmasin Timur, sudah mulai terlihat sibuk.


Terlihat dari pihak KPU, TPS, kelurahan, saksi calon Gubernur Kalsel dan calon Wali Kota Banjarmasin serta pihak terkait lainnya, mulai melakukan perhitungan suara di setiap kelurahan yang ada di Kecamatan Banjarmasin Timur.


Ketua PPK Kecamatan Banjarmasin Timur, M. Mahyuni, menjelaskan bahwa kegiatan pleno rekapitulasi suara akan di gelar selama 3 hari yang sudah dimulai sejak pagi pada hari ini.


"Dimulai hari ini dengan 3 kelurahan terbagi 3 tempat untuk pleno rekapitulasi perhitungan suara. Pada hari pertama ini di mulai Kelurahan Pekapuran Raya, Pengambangan dan Banua Anyar," tuturnya saat ditemui di kecamatan Banjarmasin Timur, Jumat siang (11/12/2020).


Diakuinya, untuk hari pertama pleno rekapitulasi suara berjalan dengan lancar.


"Alhamdulillah di hari pertama lancar, belum ada kendala dari pembukaan kotak suara Gubernur dan lanjut Wali kota, biasanya paling lama sampai malam," ucapnya.


Selain itu ia juga menjelaskan, pada hari terakhir nanti, setelah selesai semua proses rekapitulasi dari tiap kelurahan, akan lanjut pada tahap rekapitulasi di tingkat kecamatan secara menyeluruh, setelah itu baru diserahkan ke KPU.


"Sore Minggu atau paling lambat malamnya nanti kita akan melakukan pleno tingkat kecamatan, jadi nanti semua hasil-hasil dari tiap kelurahan kita jumlahkan di rekapitulasi di tingkat kecamatan, baru setelah itu kami serahkan ke KPU," ucapnya.


Sementara itu, untuk data dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) sekitar 80 ribuan dari 9 kelurahan yang ada di Kecamatan Banjarmasin Timur, dengan jumlah TPS sebanyak 220 dan 440 kotak suara.


(Hamdiah)

8 tampilan0 komentar