Kebut Capaian Herd Immunity, Vaksinasi Digelar di Pasar Tradisional Banjarmasin

terasbanua.com, Banjarmasin - Dalam upaya pembentukan herd immunity di tengah masyarakat saat ini. Program vaksinasi pun terus dikebut oleh Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin.

Kali ini vaksinasi massal kembali digelar di pasar-pasar tradisional yang ada Banjarmasin yakni Pasar Binjai, Pasar Sentra Antasari, Pasar Harum Manis, Pasar Kalindo, Pasar Lama, Pasar Pekauman, Pasar Cemapaka dan Pasar Sudimampir.


Pelaksanaan vaksinasi massal ini akan dilaksanakan selama 8 hari ke depan di lokasi berbeda setiap harinya.


Untuk hari ini Selasa (2/11/2021) pelaksanaan vaksinasi massal digelar di Pasar Sudimampir yang berlokasi di Jalan Sudimampir, Kertak Baru Ulu, Banjarmasin Tengah.


Berdasarkan pantauan jurnalis terasbanua.com, terlihat warga pasar sangat antusias mengikuti vaksinasi tersebut.


Seorang warga, Amelia Fitri yang mengaku baru ini dirinya bervaksin karena sebelumnya ia belum berani karena takut disuntik serta rumor beredar terkait efek samping dari vaksin Sinovac usai disuntikan.


"Pas ada vaksinasi di sini jadi ikut walaupun sempat takut juga tadi," ucapnya kepada terasbanua.com.


Amelia mengaku baru memberanikan diri untuk bervaksin setelah adanya kebijakan bahwa syarat mengurus berbagai berkas perlu sertifikat vaksin.


"Karena bikin SIM sekarang syaratnya sertifikat vaksinasi ya mau tidak mau jadi berani vaksin," ujarnya yang merupakan karyawan toko baju di Pasar Sudimampir.


Sementara itu, Fajar Sukma Nanagung Kepala Puskesmas Teluk Tiram menjelaskan bahwa dalam kegiatan vaksinasi tidak hanya menargetkan warga pasar saja tapi masyarakat umum juga.


"Iya kami menerima siapa saja yang ingin bervaksin dan siap melayani," tuturnya.


Dalam vaskinasi pihaknya juga melayani warga yang hendak mendapatkan dosis kedua vaksin.


Adapun dosis vaksin yang mereka siapkan ada sebanyak 500 dosis jenis vaksin Sinovac yang rencananya langsung dihabiskan hari ini juga.


"Rencananya tadi kami habiskan hari ini juga, tapi karena masih ada tersisa sedikit, jadi kita alihkan ke puskesmas sisanya," paparnya.


Fajar mengungkapkan bahwa vaksinator dalam kegiatan ini diterjunkan dari tenaga kesehatan Puskesmas Teluk Dalam dan Puskesmas Cempaka.


"Jadi ada sekitar 8 orang kita terjunkan kesini dari tenaga kesehatan di puskesmas," ujarnya.


Tentunya kegiatan vaksinasi ini, guna mendorong program Pemko Banjarmasin untuk sesegeranya mencapai pembentukan herd immunity yang ditargetkan 80 persen pada Hari Kesehatan Nasional mendatang.


(Hamdiah)

2 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua