Kasus Penyebaran Covid-19 Meningkat, Kotabaru Terapkan PPKM Level 3

terasbanua.com, Kotabaru - Melonjaknya kasus penularan Covid-19 beberapa waktu terakhir ini, Kotabaru ditetapkan masuk dalam PPKM level 3, dari tanggal 25 hingga 2 Agustus 2021, oleh Satgas Covid-19 Nasional.

Hal itu disampaikan Dandim 1004/ Kotabaru, Letkol Inf Roy Fakhrul Rozi mewakili Satgas Covid-19 Kabupaten Kotabaru, di Oproom, Setda Kotabaru, Jumat petang, (30/7/2021).


Dandim Roy menyampaikan menyandang status level 3, Kotabaru terhitung mulai hari ini isolasi mandiri ditiadakan. Untuk perusahaan-perusahaan ia meminta menyiapkan tempat isolasi khusus bagi karyawannya.


"Pelaksanaan isolasi sekarang isolasi mandiri terpadu. Jadi masing-masing kecamatan wajib membuat tempat isolasi. Forkopimca, dipimpin satgas kecamatan bisa menggunakan dana desa, dengan dasar hukum instruksi Mendagri yaitu sebesar 8 persen dari dana desa," ujar Roy


Dijelaskan Dandim, Adapun untuk penyekatan sampai sekarang masih diberlakukan di perbatasan antara Kalsel-Kaltim yakni di Desa Sengayam.


"Untuk warga yang masuk Kalsel harus menggunakan PCR dan kartu vaksin," Waka Polres Kotabaru, Kompol Yulianor Abdi menambahkan.


Abdi mengatakan untuk kegiatan keramaian masyarakat ada spesifikasinya masing-masing.


"Seperti kegiatan untuk hajatan atau pernikahan diperbolehkan namun 25 persen dari kapasitas yang tersedia. Itu pun berdasarkan rekomendasi satgas kecamatan yang melakukan asestensi kepada yang punya hajat," jelasnya


"Untuk tempat wisata di PPKM level 3 sementara ditutup," pungkasnya.


(Her)

10 tampilan0 komentar