Kasus Omicron di Indonesia Melonjak, Pemko Banjarmasin Persiapkan Berbagai Antisipasi

terasbanua.com, Banjarmasin - Meskipun hingga saat ini kasus terkonfirmasi virus Covid-19 varian Omicron di Banjarmasin masih belum ditemukan.


Foto google

Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin tidak ingin lengah. Mengingat kasus Covid-19 varian Omicron saat ini terus mengalami lonjakan cukup signifikan. Bahkan dari data terakhir, sudah ada sebanyak 506 kasus yang ditemukan di Indonesia.


Melihat kondisi tersebut, Pemko Banjarmasin pun melakukan berbagai persiapan dan antisipasi untuk menghadapi penyebaran Omicron di Banjarmasin.


Satu upaya yang telah dilakukan Pemko Banjarmasin saat ini ialah, menggencarkan pelaksanaan vaksinasi di tengah masyarakat yang bertujuan untuk pembentukan herd immunity di Ibu Kota Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).


"Vaksinasi kita sudah 80 persen sesuai dengan standar WHO. Jadi boleh dikatakan herd immunity sudah terbentuk artinya sudah kebal kolektif," ucap Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina baru-baru ini.


Ia mengungkapkan bahwa saat ini Pemko Banjarmasin fokus untuk mendongkrak vaksinasi pada warga lanjut usia (Lansia) di samping gencarnya pelaksanan vaksinasi pada masyarakat umum.


"Target dalam seminggu ini mudah-mudahan bisa tercover semua capaian vaksinasi lansia hingga 60 persen karena saat ini masih 45 persen," tuturnya.


Tidak hanya itu, untuk persiapan menghadapi masuknya Omicron di Banjarmasin. Pihaknya juga telah merekrut belasan tenaga kesehatan baru yang akan di bertugas di Rumah Sakit Sultan Suriansyah Banjarmasin.


"Ada 12 tenaga kesehatan yang direkrut kembali untuk persiapan. Kalau ada kasus Omicron yang harus kita tangani. Sama halnya tempat tidur sudah kita siapkan," ungkapnya.


Lebih lanjut, ia menyebutkan bahwa rata-rata penyebaran Omicron terjadi karena bawaan dari kunjungan ke luar negeri. Sehingga perlu di proteksi agar tidak masuk di Banjarmasin.


"Mudah-mudahan virus ini tidak bahaya seperti Delta yang agak cukup banyak memakan korban," tutupnya.


(Hamdiah)

3 tampilan0 komentar