Kasus Covid-19 Terus Merangkak Naik, Banjarmasin Belum Perlu PPKM Darurat

terasbanua.com, Banjarmasin - Melihat kondisi Banjarmasin yang terus mengalami peningkatan kasus Covid-19 yang cukup signifikan setiap harinya.

Kepala Dinkes Banjarmasin, Machli Riyadi
Kepala Dinkes Banjarmasin, Machli Riyadi

Hingga berbagai strategi pun telah dipersiapkan Pemerintah Kota Banjarmasin untuk menghadapi lonjakan kasus jika terjadi nanti.


Jika diperhatikan dari kondisi tersebut. Apakah kota berjuluk Seribu Sungai sekarang ini bisa dikatakan dalam masa tanggap darurat hingga perlu dilakukannya PPKM darurat?


Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, Machli Riyadi, menuturkan saat ini kota Banjarmasin hanya menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro saja.


Bisa dibilang kondisi sekarang ini masih relatif aman dan belum genting. Sehingga penerapan PPKM darurat seperti di daerah Jawa dan Bali tidak perlu dilakukan untuk saat ini.


Kalaupun nanti ditetapkan tentu itu menjadi wewenang pusat yang telah memperhatikan situasi di Banjarmasin memang dalam keadaan darurat.


"PPKM darurat itu yang menetapkan adalah pusat. Jadi sekarang ini kita memberlakukan PPKM tidak darurat tetapi memperketat PPKM itu dengan melihat situasi seperti sekarang ini," ucapnya kepada awak media, Selasa (13/7/2021).


Menurut Juru Bicara Satgas Covid-19 Banjarmasin, saat ini masyarakat tentu harus peduli terhadap lingkungan sekitar untuk menangulangi terjadinya penyebaran Covid-19.


"Pak Wali tadi berpesan agar kita sekarang betul-betul peduli terhadap lingkungan sekitar dengan menyadarkan masyarakat dan mensosialisasikan kembali bahwa protokol kesehatan sesuatu yang sangat mutlak karena kuncinya disitu pengendaliannya karena mencegah itu lebih mudah dari pada kita mengobati," jelasnya.


Pentinganya mempublikasi kondisi Covid-19 saat ini kepada masyarakat. Tentunya bertujuan untuk meningkatkan kewaspadaan dari masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.


"Ini adalah peringatan darurat kepada masyarakat yang harus kita publikasikan karena peningkatan kasus di Banjarmasin itu melonjak tajam. Hari ini saja ada 103 yang baru terkena Covid-19 yang kita temukan," bebernya.


(Hamdiah)

0 tampilan0 komentar