Kasus Covid-19 Mengalami Penurunan Signifikan, Dinkes Banjarmasin Klaim Mampu Kendalikan Covid-19

terasbanua.com, Banjarmasin - Kasus Covid-19 di Kota Banjarmasin mengalami penurunan yang sangat signifikan.

Hal tersebut tentunya telah menunjukkan keberhasilan Pemerintah Kota Banjarmasin yang telah mampu mengendalikan penyebaran Covid-19.


"Keberhasilan Banjarmasin dalam menangani pandemi Covid-19 tentu tidak pernah terlepas dari kerja sama kuat antara TNI-Polri dan tim Satgas Covid-19 bersama-sama dengan Dinkes yang telah membuahkan hasil yakni kita mampu menahan lajunya perkembangan penyebaran Covid-19 di Kalsel khususnya di Banjarmasin," ucap Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, Machli Riyadi, Senin (14/6/2021).


Menurut data yang ada Machli menjelaskan bahwa saat ini hanya ada 83 kasus orang yang positif Covid-19.


"Kalau kita semua kompak untuk menyembuhkan 83 orang ini maka kita bisa saja 0 kasus di Banjarmasin," imbuhnya.


Dari 83 orang yang dinyatakan positif tersebut 55 diantaranya dirawat di Rumah Sakit dan 28 orang melakukan isolasi di rumah masing-masing.


Juru Bicara Satgas Covid-19 kota Banjarmasin ini juga menerangkan, dibandingkan pada tiga minggu lalu tentunya penurunan kasus saat ini merupakan sebuah capaian yang luar biasa yang berhasil dilakukan pihaknya.


"Jadi ini cukup menggembirakan dan tidak lepas dari peran pers yang selama ini menyampaikan pesan dan mengedukasi kepada masyarakat hingga akhirnya masyarakat paham. Jadi Covid-19 di Banjarmasin bisa dikatakan terkendali," jelasnya.


Sementara itu, tingkat kesembuhan untuk saat ini sangat tinggi, sedangkan angka kematian karena kasus Covid-19 mengalami penurunan.


"94,6 persen tingkat kesembuhan itu sangat tinggi sekali," tandasnya.


Kendati demikian, Machli menuturkan bahwa keberhasilan saat ini masih belum bisa dikatakan telah melewati masa krisis pandemi Covid-19 hanya saja Banjarmasin bisa mengendalikan Covid-19.


"Kita bisa klaim Banjarmasin berhasil mengendalikan Covid-19 karena laju Covid-19 walaupun tinggi di ibu kota provinsi lainnya tapi kita ibu kota Provinsi Kalsel mampu mengendalikannya," tutupnya.


(Hamdiah)

5 tampilan0 komentar