Kasus Aktif Positif Covid-19 di Banjarmasin Terus Melonjak, Kadinkes Minta Masyarakat Jangan Panik

terasbanua.com, Banjarmasin - Dalam sepekan terakhir kasus aktif Covid-19 di Banjarmasin terus mengalami peningkatan signifikan.



Bahkan kasus aktif positif Covid-19 yang terkonfirmasi di Banjarmasin saat ini, sudah menembus diangka 224 orang. Dimana 95 persen dari jumlah tersebut adalah Orang Tanpa Gejala (OTG).


Melihat kondisi tersebut, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjarmasin, Machli Riyadi meminta masyarakat untuk tidak panik namun tetap waspada.


"Tidak usah panik bukan berarti tidak waspada. Kewaspadaan tetap harus kita jaga," ucapnya, Kamis (3/2/2022).


Menurutnya, kekhawatiran justru lebih kepada para lanjut usia (lansia) yang menjadi sasaran prioritas vaksinasi saat ini. Mengingat lansia sangat rentan terpapar Covid-19.


Sehingga ia meminta kepada mereka yang saat ini positif terpapar Covid-19 untuk tetap patuh menjalani isolasi mandiri di rumah selama lima hari. Guna menghindari terjadinya penularan kepada orang lain.


"Selama isolasi itu mereka tetap menjaga kondisi tubuh dengan makan buah-buahan, vitamin dan tetap berolahraga supaya kondisi tetap sehat dan bugar," tuturnya.


Disinggung apakah dari yang terkonfirmasi positif Covid-19 tersebut ada yang terpapar virus Covid-19 varian Omicron?


Machli menjawab bahwa masih menunggu hasil tes dari sampel pasien positif Covid-19 yang sudah dikirim Dinkes Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) laboratorium di Jakarta untuk uji.


"Mudah-mudahan dalam dua hari tiga hari ke depan sudah ada hasilnya dan nanti kita informasikan. Jadi kita tunggu dari Dinkes provinsi," akhirnya.


(Hamdiah)

5 tampilan0 komentar