Kasus Aktif Covid-19 Meningkat Luar Biasa Dalam Sehari

terasbanua.com, Banjarmasin - Tambahan kasus aktif Covid-19 di Banjarmasin mengalami peningkatan sangat drastis setiap harinya dalam dua pekan terakhir ini.


Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjarmasin, Machli Riyadi

Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjarmasin, Machli Riyadi mengungkapkan bahwa hari ini saja sudah tercatat tambahan kasus aktif Covid-19 ada sebanyak 370 jiwa.


"Hari ini kasus baru 370 dalam satu hari. Sementara kemarin 274. Jadi ini luar biasa dari total keseluruhan hari ini tercatat hampir 1.500 kasus aktif yang terkonfirmasi," ucap Machli, Rabu (9/2/2022).


Menurut Machli, lajunya kurva kasus aktif Covid-19 saat ini. Patut diduga beberapa yang terkonfirmasi positif tersebut terindikasi terpapar Omicron.


Meskipun begitu, tetap saja untuk memastikan terpapar Omicron atau bukan. Tentu perlu dilakukan cek langsung ke Laboratorium yang ada di Jakarta.


Disinggung mengenai update terbaru dari Dinkes Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) yang menyebutkan bahwa terkonfirmasi ada 6 kasus positif virus Omicron baru ini.


Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin yang baru saja dilantik ini pun tak menampik hal tersebut.


Pasalnya, dari laju kurva kasus aktif Covid-19 di Banjarmasin yang saat ini melonjak tajam. Sehingga tidak menutup kemungkinan kasus Omicron bisa saja kian bertambah. Mengingat penyebaran virus Covid-19 varian baru ini terbilang sangat cepat.


"Iya yang terkonfirmasi itu kan hanya dari hasil cek sampel yang beberapa diambil. Coba semuanya diambil sampelnya bisa saja semuanya juga Omicron. Tapi kita tidak bisa menjustifikasi bahwa Omicron tanpa cek real di laboratorium," jelasnya.


Disisi lain, ia meminta masyarakat untuk tidak panik dalam menghadapi gelombang ketiga pandemi Covid-19 saat ini.


Kendati demikian, ia tetap meminta masyarakat jangan lengah dan lebih meningkatkan kewaspadaan dalam penularannya serta melindungi para kelompok yang rentan terpapar melalui vaksinasi lengkap.


"Yang perlu kita waspadai dan lindungi ya tadi lansia, anak-anak dan kelompok rentan yang lainnya seperti orang yang memiliki penyakit komorbid. Tentu ini menjadi tugas kita melindungi mereka dengan bervaksin, guna membentuk herd immunity di tengah masyarakat," akhirnya.


(Hamdiah)

1 tampilan0 komentar