Kali Pertama Diterapkan, USBK Serentak Dilaksanakan Pada 4 SD di Banjarmasin

terasbanua.com, Banjarmasin - Untuk kali pertama, Pelaksanaan Ujian Berbasis Komputer (USBK) di tingkat Sekolah Dasar (SD) diberlakukan di Kota Banjarmasin.



Adapun sekolah yang melaksanakan USBK ini diantaranya, SD Negeri Sungai Andai 3 Banjarmasin dan SD Negeri Inti Sungai Miai 11 Banjarmasin.


Kepala Sekolah SD Negeri Sungai Andai 3 Banjarmasin, Sulis mengaku selama dua hari pelaksanaannya. Para siswa kelas 6 dapat mengikuti USBK dengan baik dan lancar.


"Hanya ada sedikit kendala itu pun bisa kami atasi. Selain mengunakan komputer sebagian siswa juga mengunakan smartphone apabila terjadi masalah jaringan," terang Sulis, Rabu (18/5/2022).


Ia mengungkapkan ada sebanyak 40 buah komputer yang difasilitasi langsung oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Banjarmasin kepada SD Sungai Andai 3 Banjarmasin.


Mengingat ada sebanyak 110 siswa kelas 6 yang mengikuti USBK. Maka pelaksanaan pun digelar dalam tiga sesi secara bergantian.


"Karena ada tiga sesi pagi, siang dan besok paginya. Kita pun melaksanakannya sampai Senin berbeda dengan sekolah lainnya berakhir di hari Sabtu," paparnya.


Hal senada juga disampaikan oleh disampaikan Kepala Sekolah SD Negeri Inti Sungai Miai 11 Banjarmasin, Ngatini.


Ia mengungkapkan karena pelaksanaan USBK ini merupakan uji coba pertama kali di Banjarmasin dan sekolahnya terpilih.


Pihaknya pun telah melakukan berbagai mempersiapkan, seperti sosialisasi pengunaan komputer pada siswa.


"Alhamdulillah karena siswa sering dilatih dan dibantu pengembang yang membuka aplikasinya secara mandiri. Jadinya mereka bisa mengunakan Chromebooks saat ujian," tuturnya.


Sementara itu, Kepala Disdik Kota Banjarmasin, Nuryadi menuturkan bahwa kegiatan USBK di tingkat SD ini baru dilaksanakan serempak di empat sekolah di bawah naungan Disdik Kota Banjarmasin.


"Empat sekolah itu yakni SD Negeri Sungai Andai 3, SD Negeri Inti Sungai Miai 11, SD Negeri Pemurus Dalam 5, SD Negeri Belitung Selatan 1," bebernya usai meninjau pelaksanaan USBK di SD Negeri Inti Sungai Miai 11 dan SD Negeri Sungai Andai 3, Rabu (18/5/2022).


Seiring dengan petunjuk Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi yang meminta di setiap daerah harus ada sekolah yang melaksanakan USBK.


"Ini sebagai pilot project yang dilakukan Disdik untuk pembelajaran berbasis komputer," ujarnya.


Adapun untuk sekolah yang masih keterbatasan sarana dan prasarana untuk melaksanakan USBK, tetap diperkenankan melaksanakan ujian sekolah secara manual.


"Kita tidak mewajibkan mereka harus melaksanakan USBK," pungkasnya.


(Hamdiah)

9 tampilan0 komentar