Kabar Baik, Warga Terdampak PPKM Level IV di Banjarmasin Dapat Bantuan APBN

terasbanua.com, Banjarmasin - Ada kabar baik saat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level IV di Banjarmasin yang sudah mulai berlaku hari ini, Senin (26/7/2021).

Kepala Dinas Sosial Kota Banjarmasin, Iwan Ristianto.

Kabar baik tersebut, yakni warga terdampak dalam penerapan PPKM darurat kali ini akan berhak menerima bantuan dari Pemerintah Pusat.


Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Banjarmasin, Iwan Ristianto menjelaskan bahwa bantuan akan disalurkan oleh PT Pos Indonesia. Dimulai hari ini hingga maksimal tanggal 5 Agustus mendatang.


"Penerimanya, adalah warga yang termasuk dalam daftar Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Jumlahnya masih sama seperti sebelumnya," ucapnya kepada awak media, di Lobby Balai Kota Banjarmasin (26/7/2021) siang.


Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kota Banjarmasin sebanyak 23.840. Jumlah tersebut merupakan gabungan dari penerima program BST sebanyak 10.173 penerima dan PKH sebanyak 13.667 penerima.


Adapun bantuan yang disalurkan nantinya, berupa uang tunai sebesar Rp600 ribu untuk dua bulan dan beras 10 kilogram per KPM.


"Ini semua berasal dari Pemerintah Pusat melalui APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara). Sedangkan APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) masih dirapatkan dengan Wali Kota," imbuhnya.


Pimpinan Wilayah Bulog Divre Kalsel, Imron Rosidi menjelaskan bahwa untuk Kota Banjarmasin, beras yang disiapkan Bulog ada sebanyak 238 ton.


"Semoga bisa dipercepat penyalurannya," ujarnya.


Sementara itu. Kepala Kantor Pos Kota Banjarmasin, Lilik Wahyu Saptono mengatakan bahwa secara teknis penyaluran bantuan sudah berjalan sejak Minggu (25/7/2021) kemarin.


Dimana tempat penyaluran batuan dilaksanakan di Kantor Pos Banjarmasin yang beralamat di Jalan Lambung Mangkurat, Kecamatan Banjarmasin Tengah.


Tentunya pelaksanaan ini tetap menerapkan protokol kesehatan. Selain itu, pihaknya juga akan menambah titik lokasi penyaluran sejak hari ini.


"Yakni di Kantor Kecamatan Banjarmasin Timur, Banjarmasin Utara, Banjarmasin Selatan. Kemudian di kantor kelurahan, khusus untuk penyaluran beras dilakukan sedari pagi hingga siang," akhirnya.


(Hamdiah)

0 tampilan0 komentar