Kabar Baik, Kawasan Siring Piere Tendean Tetap Buka Saat Nataru

terasbanua.com, Banjarmasin - Seiring dengan pembatalan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di seluruh daerah Indonesia termasuk Kota Banjarmasin dalam menghadapi natal dan tahun baru (Nataru).



Rencana penutupan seluruh kawasan Siring Piere Tendean pada perayaan nataru pun dibatalkan.


Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina mengatakan bahwa seluruh kawasan Siring Piere Tendean tetap diberikan izin buka saat perayaan nataru nanti.


"Kalau masih level 3 pasti ditutup. Tapi kan kemarin sudah dicabut kebijakan itu oleh pak Menko," ungkapnya kepada awak media, Senin (13/12/2021).


Asalkan penerapan protokol kesehatan tetap dilakukan secara ketat pada pengunjung yang masuk di kawasan Siring Piere Tendean.


Adapun untuk di kawasan dermaga Pasar Terapung juga dibuka pada nataru. Hanya saja tetap diberlakukan pagar pembatasan seperti pada uji coba operasional Pasar Terapung.


"Tetap dipanggari di kawasan dermaga terapung. Kalau siring sudah diperbolehkan," ujarnya.


Ia berharap hal ini termasuk salah satu langkah dalam membangkitkan perekonomian di Kota Banjarmasin yang sempat terpuruk karena terdampak dari pandemi Covid-19.


Saat dikonfirmasi tekait hal tersebut, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Banjarmasin, Ikhsan Al-Haq mengatakan bahwa akan berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 dan UPT Siring.


"Mungkin minggu-minggu ini kita akan koordinasikan. Bagaimana teknisnya nanti," ungkapnya.


Diakui Ikhsan setiap menjelang libur akhir tahun, khususnya pergantian tahun baru. Cenderung kunjungan masyarakat ke kota Banjarmasin terutama di kawasan Siring Piere Tendean lebih banyak dari biasanya.


Hal tersebut lah yang dikhawatirkan akan terjadi kerumunan hingga rentan sekali terjadinya penyebabaran virus Covid-19.


"Tetap buka tapi dengan pengaturan dan pengetatan tentunya di kawasan tersebut oleh petugas," akhirnya.


(Hamdiah)

2 tampilan0 komentar