Jual Ribuan Pil Dextro Tanpa Izin, MD Ditangkap Polisi

terasbanua.com, Kotabaru - Nekat mengedarkan obat tanpa izin, pria seorang pria di Kotabaru terpaksa berurusan dengan pihak kepolisian.



Jajaran Anggota Polsek Pulau Laut Selatan berhasil mengamankan satu orang pelaku tindak pidana mengedarkan sediaan farmasi tidak memenuhi standar atau persyaratan keamanan, khasiat atau kemanfaatan dan mutu, pada Kamis (17/3/2022) lalu.


Berdasarkan laporan dari masyarakat, Anggota Polsek Pulau Laut Selatan mengamankan tersangka MD, yang merupakan warga Desa Labuan Mas, Kecamatan Pulau Laut Selatan, Kotabaru.


Kapolres Kotabaru AKBP M Gafur Aditya H Siregar, yang dikonfirmasi melalui Kapolsek Iptu Amir Hasan membenarkan telah mengamankan satu orang pelaku pengedar atau penjual Dextrometophan tanpa izin.


"Berdasarkan informasi dari masyarakat, pelaku MD mengedarkan obat sediaan farmasi. Kemudian anggota melakukan penggeledahan di rumah pelaku, dan ditemukan obat sediaan farmasi jenis Dextrometophan sebanyak 3.308 butir," ungkap Kapolsek, kepada awak media, pada Selasa (22/3/22).


Setelah Anggota Polsek Pulau Laut Selatan melakukan penggeledahan, pelaku tidak bisa menujukan surat izin edaran.


"Ribuan butir Dextrometophan yang disimpan dalam plastik berwarna putih tepatnya di samping lemari pakaian dan Tas selempang warna hitam yang berisi uang hasil penjualan sebesar Rp.337.000, diamankan di Mapolres Kotabaru," pungkas Amir.


Atas kejadian tersebut, pelaku dan barang bukti diamankan anggota kepolisian. Tersangka MD, dikenakan pasal 196 dan pasal 197 UU RI No 36 tahun 2009 tentang kesehatan.


(Her)

187 tampilan0 komentar