Jokowi Atensi Bencana di Sulawesi Barat dan Jawa Barat, Warganet : #KalselJugaIndonesia

TERAS BANUA, BANJARMASIN - Postingan Presiden RI Joko Widodo di akun twitternya menuai banyak komentar warganet yang mayoritas warga Kalsel.  Bukan tanpa alasan, postingan duka cita bencana alam di Indonesia melalui akun @jokowi hanya menyebut dua provinsi yang mengalami bencana. Diantaranya, gempa bumi di Sulawesi Barat dan longsor di Sumedang, Jawa Barat.


Twitter Presiden RI

“Dua bencana alam dalam selang waktu beberapa hari terjadi di negara kita. Gempa bumi mengguncang Sulawesi Barat dinihari tadi, dan longsor di Sumedang, Jawa Barat, 9 Januari lalu. Turut berdukacita atas korban meninggal dunia. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberi kesabaran,” tulisnya dalam akun @jokowi.


Dalam postingan itu @jokowi menyebut telah mempersiapkan penanganan bencana  dilokasi yang disebutkannya dengan menghubungi pemerintah setempat.


“Saya telah menghubungi Gubernur Sulawesi Barat melalui telepon, pagi tadi. Saya juga memerintahkan Kepala BNPB, Menteri Sosial, Kepala Basarnas, Panglima TNI dan Kapolri, untuk segera melakukan langkah tanggap darurat, mencari dan menemukan korban, serta merawat yang luka-luka,” postingnya.


“Untuk penanganan longsor di Kabupaten Sumedang, saya telah memerintahkan Kepala BNPB, Menteri Sosial, dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk segera melakukan relokasi warga terdampak bencana,” tambahnya.


Mengetahui hal itu, warganet mempertanyakan postingan tersebut. Mengingat Kalsel diklaim mereka tidak menjadi perhatian serius oleh pemerintah pusat. Padahal saat ini Kalsel telah dikepung banjir dibeberapa daerah. Bahkan ketinggian debut air mencapai 3 meter.


“Kal-Sel jg bencana alam pak malah udah sampae 1 Kal-Sel yg terpukul banjir, masa gak dimasukkan ke bencana alam?,” tulis @joenizaf disertai emoticon sedih.


Tak hanya itu, akun @zykya_ juga turut mempertanyakan dan merasa geram atas postingan tersebut. Dia berharap Jokowi memberi atensi terhadap Kalsel yang diakuinya sudah satu pekan mengalami genangan banjir.


“Assallamuallaikum pak maaf saya sebagai warga negara bapak mau ngasih tau bahwa #KALIMANTANDARURATBANJIR mohon di lihat udah semingguan loh ini pak tapi ga di liat sama sekali .tanpa mengurangi rasa hormat saya pak. Mohon sangat pak liat kami,” tulis salah satu perempuan berakun @zykya_


“BAPAK JOKOWIIIIII INI KALIMANTAN SELATAN HAMPIR TENGGELAM INI PAK WARGANYAAAAAA BISA-BISANYA GA DAPAT INFO BENCANA BANJIR DI PULAU YANG KATANYA MAU DIJADIIN IBU KOTA NEGARA.

INI LOH PAK PROVINSI YANG LETAKNYA TU DISELATAN PULAU KALIMANTAN YANG IBU KOTA PROVINSINYA BANJARMASIN,” tulis akun @retinahandriaa.


Hingga berita ini diturunkan, postingan  @jokowi tak juga memberikan balasan terhadap ratusan pertanyaan dan keluhan yang dirasakan warganet.


Tak hanya di twitter, di instagram pun turut jadi sorotan para warganet. “#KalselJugaIndonesia #PrayForKalsel,” tulis @tiyyanti di dalam ribuan kolom komentar.


(Ri)

7 tampilan0 komentar