Jika Terjadi Banjir, BPBD Kota Banjarmasin Akan Siapkan Posko Pengungsian

terasbanua.com, Banjarmasin - Berkaca dari pengalaman bencana banjir parah yang terjadi pada awal tahun 2021 lalu di Kota Banjarmasin.


Kepala Badan Penanggulangan Bencana Banjir (BPBD) Kota Banjarmasin, Fahruraji

Dalam menghadapi bencana banjir parah yang kemungkinan akan terjadi lagi di tahun ini. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjarmasin menyiapkan beberapa tempat untuk mendirikan posko pengungsian bagi warga terdampak banjir.


Hal tersebut diungkapkan langsung Kepala Badan Penanggulangan Bencana Banjir (BPBD) Kota Banjarmasin, Fahruraji saat ditemui awak media, Senin (10/1/2022).


"Saat ini kita sudah verifikasi tempat-tempat untuk untuk pengungsian di lima wilayah Kecamatan yang ada di Banjarmasin nanti kita rilis data-data itu," ungkapnya.


Ia mengaku memang masih ada beberapa pertimbangan sehingga belum final. Kendati demikian verifikasi tempat untuk pengungsian sudah mulai dilakukan.


"Mudah-mudahan minggu ini kita selesaikan," ujarnya.


Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa posko pengungsian akan didirikan pada kawasan yang padat dengan penduduk untuk memudahkan akses masyarakat. Tentunya pendirian dapur umum juga untuk para pengungsi nantinya.


"Bisa jadi dalam satu wilayah kelurahan itu ada satu atau dua posko. Tergantung tingkat kepadatan dan kemudahan dalam mobilitasnya," tuturnya.


Adapun untuk wilayah yang tidak terdampak banjir. Maka tidak ada fasilitas posko pengungsian bagi warga.


Kendati demikian, untuk posko induk yang berada di tiap Kecamatan tetap akan disediakan.


Sementara itu, untuk kondisi curah hujan dengan intensitas tinggi akan berangsur turun hingga bulan Mei 2022 mendatang. Dimana puncak intensitas curah hujan tinggi dan air pasang terjadi pada bulan Januari ini.


"Adapun status siaga darurat di Banjarmasin berlaku sampai bulan Maret untuk antisipasi ancaman-ancaman yang terjadi. Sehingga kita melakukan mitigasi," akhirnya.


(Hamdiah)

3 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua