• Krisna

Jika Ada Aksi Demo Susulan, Polisi Akan Siapkan Personel Lebih Banyak

terasbanua.com, Banjarmasin - Ratusan mahasiswa dari berbagai Universitas yang tergabung dalam Aliansi BEM Se-Kalimantan Selatan melakukan aksi demo menolak pelahan KPK di depan gedung DPRD Kalsel, pada Senin (21/6/2021) siang.

Sempat terjadi aksi dorong dorongan antara demonstran dan petugas kepolisian yang menjaga jalannya demo diawal kedatangan. Hingga akhirnya dapat emosi dapat diredam oleh petugas dan demonstran menyampaikan aspirasi dengan damai.


Meski sempat panas, Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Rachmat Hendrawan mengatakan bahwa tidak masalah dan masih memaklumi hal tersebut.


"Tadi ada sedikit riak-riak dan dorong dorong tidak masalah, dari demo omnibus law datang selalu diawali dengan mendorong," ucap Kapolresta.


"Mungkin untuk memancing, yang penting kita tidak terpancing. Kalau untuk dorong dorongan biasa," lanjutnya.


Adapun jumlah personel yang diturunkan oleh Polresta Banjarmasin dalam mengamankan lebih aksi tersebut lebih sedikit daripada para demonstran yaitu berjumlah 150 orang. Sedangkan untuk jumlah mahasiswa yang datang dalam aksi tersebut kurang lebih 300 orang atau dua kali lipat daripada petugas.


"Kemaren pengajuan suratnya sampai 100 orang, saat di lapangan ternyata lebih banyak karena mahasiswa yang baru ini tidak ada aktivitas jadi mereka diajak," terang Kombes Pol Rachmat Hendrawan.


"Tapi tidak apa apa lebih banyak mahasiswanya daripada petugas, mengajak itu untuk menjaga solidaritas atau kekompakan diantara mereka, tidak apa apa," tambahnya.


Jika DPRD Kalsel tidak dapat memenuhi tuntutan tersebut maka mereka kembali akan melakukan aksi serupa, bahkan dipastikan jumlah massa yang akan bergabung juga bisa jadi lebih banyak lagi.


Menanggapi hal tersebut, Kombes Pol Rachmat Hendrawan menjelaskan bahwa pihaknya akan terus menyiagakan dan menyiapkan personel untuk pengamanan selanjutnya, jika aksi susulan terjadi.


"Dari informasi yang kami terima seperti itu, artinya kami akan siapkan lagi. Personel pun juga tentu akan ditambahkan, dari polda, polsek terdekat, sampai dengan brimob," pungkasnya.


(Krisna)

5 tampilan0 komentar