Jembatan Alalak 1 Ditutup, Warga Keluhkan Kemacetan Parah

terasbanua.com, Banjarmasin - Di kawasan Jalan Tembus Perumnas,  Banjarmasin Utara dan arah dari Barito Kuala (Batola) menuju Jl. Cemara ujung Banjarmasin mengalami kemacetan parah usai penutupan Jembatan Alalak 1.

Hal tersebut terlihat sejak di hari pertama penutupan Jembatan Alalak 1. Sebelumnya warga Banjarmasin yang ingin menuju ke arah Batola melalui Jembatan Alalak 1, dapat mengurai kemacetan di Jembatan Alalak 2 Jalan Cemara Ujung.


Namun oprit dan badan jembatan tersebut akan dibongkar secara menyeluruh hingga kemacetan pun tak dapat dihindari.


Kemacetan pun diperparah dengan adanya beberapa pengguna motor yang masih nakal dengan melawan arus lalu lintas.


Jika diperhatikan Jalan Cemara Ujung dan Jalan Tembus Perumnas itu hanya digunakan satu arah. Sehingga menyebabkan kemacetan parah.


"Yang melawan arus itu jelas mengganggu kelancaran lalu lintas di sini. Karena tak sedikit pengendara yang terhalang jalannya gara-gara pengendara motor nakal itu. Baik di Jalan Tembus Perumnas atau Jalan Cemara Ujung. Padahal sudah ada rambu-rambunya. Tapi tetap saja ada yang melanggar," ucap Syamsul Bahri, salah seorang warga.


Kemacetan yang sering terjadi di kawasan tersebut, tepat pada jam-jam nya sibuk. Terlihat kemacetan mulai terjadi di jam tersebut.


"Pagi sekitar jam 7.30 dan sore sekitar jam 4 itu sudah mulai macet," ungkap Syamsul.


Disinggung apakah ada petugas Dinas Perhubungan atau Kepolisian yang berjaga di kawasan tersebut?


Syamsul menuturkan bahwa petugas hanya bertugas di pagi dan sore saja. Sedangkan siang hari tak ada satupun petugas pengatur lalu lintas yang berjaga di sana.


"Makanya banyak yang melawan arus kalau siang begini," ujarnya.


Sebelumnya, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Banjarmasin, Fendie mengatakan, pengalihan arus lalu lintas tersebut karena adanya pengerjaan Jembatan Alalak I yang baru dengan dilakukannya pembongkaran oprit.


Maka dari itu, pihaknya pun akan mengembalikan arus lalu lintas satu arah dari Kota Banjarmasin menuju Kabupaten Barito Kuala dan satu jalur dari arah Batola menuju Banjarmasin melalui Jalan Cemara.


(Hamdiah)

21 tampilan0 komentar