• Krisna

Jembatan Alalak 1 Dibuka, Begini Rekayasa Jalur Yang Harus Diketahui

terasbanua.com, Banjarmasin - Polresta Banjarmasin bersama Dinas Perhubungan (Dishub) kota Banjarmasin melaksanakan rekayasa jalur dan simulasi pembukaan Jembatan Alalak 1 di Jalan Hassan Basri, Rabu (14/4/2021) Sore.

Simulasi rekayasa jalur pembukaan jembatan Alalak 1 oleh Satlantas Polresta Banjarmasin dan Dishub Kota Banjarmasin. Foto Krisna.

Dibukanya Jembatan Alalak 1 tersebut bertujuan untuk mengurangi kemacetan lalu lintas yang sering terjadi di sekitar Kayutangi Ujung, Cemara Raya, dan Jalan Trans Kalimantan.


Dalam pelaksanaannya, sejumlah anggota Satlantas Polresta Banjarmasin dan Dishub Kota Banjarmasin ditempatkan di tiga titik lokasi tersebut untuk mengatur lalu lintas dalam simulasi dan rekayasa jalur tersebut.


"Sudah kami coba rekayasa jalur dan hasilnya lumayan lancar, mudah mudahan dapat mengatasi kemacetan kedepannya dan besok akan kami lanjutkan lagi," tutur Wakasatlantas Polresta Banjarmasin, R Joko Setiawan.


Wakasatlantas Polresta Banjarmasin mengatakan bahwa ia sudah mengimbau para supir truk yang melewati area tersebut bahwa jembatan tersebut bukan untuk dilalui truk dan muatan berat.


"Yang diperbolehkan melalui jembatan ini hanya roda dua, mobil penumpang dan pick up tak bermuatan. Jika masih ada supir truk yang nekat melanggar maka akan kami beri pemahaman," terangnya.


Ia menjelaskan pengendara dari Banjarmasin menuju Batola, terdapat satu jalur yang bisa dilewati yakni melalui jembatan Alalak 1. Sementara dari Batola menuju Banjarmasin, disediakan dua jalur melalui Jembatan Alalak 2 ke arah Perumnas Cemara Raya dan jalur menuju RS Anshari Saleh.


Selain itu, Kasi Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas, Febpry Graha Utama juga menambahkan bahwa untuk kendaraan barang dari Banjarmasin ke Batola dengan muatan berat dibawah 6 ton dapat berbelok ke jalan tembus perumnas.


"Jadi kendaraan muatan dengan berat di bawah 6 ton dari Banjarmasin ke Batola dapat berbelok ke kanan jalan tembus perumnas, tidak melalui Jembatan Alalak 1," ujarnya.


"Kalau untuk yang dari arah Batola ke Banjarmasin kendaraan muatan barang wajib belok ke kiri," lanjutnya.


Ia mengungkapkan pembukaan Jembatan Alalak 1 itu tidaklah permanen, hanya dilakukan pada jam-jam sibuk yang kerap terjadi kemacetan.


"Operasional jembatan ini hanya pada jam sibuk di Kota Banjarmasin yaitu Pukul 07.00-09.00 WITA, dan pukul 16.00 -18.00 Wita," ungkapnya.


"Namun jika saat weekend atau hari libur belum bisa terurai, pembukaan ini bisa diperpanjang sampai situasi terkendali," tambahnya.


Guna memudahkan pengendara, Kasi Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas Dishub Kota Banjarmasin menjelaskan bahwa mereka juga akan memasang rambu-rambu dan spanduk himbauan kepada para pengguna jalan.


"Akan kita pasang separator besi, rambu portable dan akan ada beberapa spanduk juga. Ini kita lakukan sampai jembatan kayutangi jadi, sambil kita evaluasi," pungkasnya.


(Krisna)

56 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua