Jelang Ramadan, Stok Bapok di Pasaran Cukup Tapi Harga Naik

terasbanua.com, Banjarmasin - Guna memastikan ketersediaan bahan pokok aman selama bulan Suci Ramadan. Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina melakukan monitoring ke pasar tradisional dan pasar modern di Banjarmasin, Selasa (29/3/2022).



Ibnu menuturkan bahwa bahan pokok di pasaran tersedia cukup selama Ramadan. Kendati demikian, diakuinya sejumlah bahan pokok mengalami kenaikkan harga saat hendak memasuki bulan Suci Ramadan.


"Biasanya memang pas menjelang Ramadhan ada kenaikkan harga. Kalau kata acil tadi biasanya 10 persen tambah 1 persen jadi 11 persen," ucapnya usai monitoring di Hypermart Duta Mall Banjarmasin.


Adapun dari hasil pantauan beberapa bahan pokok yang mengalami kenaikkan diantaranya, telur ayam, ayam potong, dan daging sapi.


"Daging juga akan naik sekitar Rp.5 ribu sampai menjelang Ramadan. Tapi pasokan ada dan cukup," tutur Ibnu.


Diakuinya memang setiap menjelang bulan Ramadan, harga kebutuhan pokok mengalami kenaikkan dan itu sudah menjadi perilaku pasar.


"Yang jelas adalah jangan sampai terkendali dan terjadinya kelangkaan," ujarnya.


Selain itu, ia mengungkapkan bahwa dari pengakuan sebagian pedagang bahan pokok terutama minyak goreng di pasar tradisional, kebanyakan pedagang tidak berani stok dalam jumlah banyak untuk minyak goreng sekarang ini.


Meskipun kebijakan Harga Eceran Tertinggi (HET) untuk minyak goreng kemasan berbagai merek telah dicabut pemerintah pusat dan menyesuaikan harga perekonomian.


"Memang sampai hari ini tidak kita temui di pasaran minyak goreng curah. Tapi kalau yang kemasan tidak masalah dan melimpah, walaupun harga tinggi ada Rp.24 ribu, Rp.26 ribu dan seterusnya," paparnya.


Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa dari Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Banjarmasin yang akan memastikan ketersediaan bahan pokok serta rantai distribusi tetap lancar.


"Rantai distribusi tahun ini tidak terjadi pasang surut yang tidak terlalu ekstrem, kemudian pasokan juga lancar dan mudah-mudahan sampai lebaran tidak ada masalah," harapnya.


Sementara itu, Ema salah satu pedagang daging sapi di Pasar Teluk Dalam Muara Banjarmasin, mengaku daging sapi akan mengalami kenaikkan sebesar Rp. 5 ribu perkilogram nya mulai besok.


Adapun harga daging sapi sekarang ini masih stabil yang mana harganya berada dikisaran Rp.135 ribu per kilogramnya.


"Sekarang masih relatif stabil. Tapi mulai besok sudah naik jadi Rp.140 ribu per kilogramnya," bebernya.


(Hamdiah)

4 tampilan0 komentar