Jelang PSU di Banjarmasin Selatan, Warga Ramai-Ramai Membuat KTP

terasbanua.com, Banjarmasin - Jelang pelaksanaan pemungutan suara ulang (PSU) yang digelar besok Rabu (9/6/2021) warga terlihat berbondong-bondong mendatangi Kantor Kecamatan Banjarmasin Selatan sejak pagi, Selasa (8/6/2021).

Kedatangan warga ke Kantor Kecamatan Banjarmasin Selatan untuk memperbaiki, dan membuat kartu tanda penduduk (KTP).


Salah satu warga Pemurus Baru, Zulkifli, mengaku sebelumnya tidak memiliki KTP, hanya mengunakan KTP sementara Saat pencoblosan pada pikada tahun 2020 lalu.


"Baru saja buat KTP karena sebelumnya mau buat KTP kendala dan kesibukan. Kebetulan ada pembuatan KTP hari ini dan diarahkan RT sekalian saja lumayan langsung jadi," ucapnya saat mengantri untuk pembuatan KTP.


Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Banjarmasin Rizani Setiawan menuturkan bahwa perbaikkan hingga pencetakan KTP adalah sesuai arahan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarmasin.


"Rencananya dua hari akan berlangsung, hingga esok," ujarnya disela-sela kegiatan tersebut, Selasa (8/6/2021).


Warga yang datang untuk memperbaiki atau membuat KTP sendiri pun merupakan daftar pemilih tetap (DPT) yang telah mendapatkan undangan dari KPU.


Animo warga di wilayah Banjarmasin Selatan untuk mengikuti PSU nanti sangat tinggi. Hal ini juga sempat membuat dirinya tak menyangka.


"Diluar dugaan dengan membludaknya warga datang," imbuhnya.


Ketua KPU Kota Banjarmasin, Rahmiyati Wahdah mengatakan setelah dilakukanya sosialisasi beberapa waktu lalu banyak warga mengeluhkannya KTP nya rusak dan hilang.


Guna meningkatkan partisipasi warga untuk mengikuti PSU dan mengingat persyaratannya harus memperlihatkan undangan dan KTP. Sehingga pihaknya pun mengantisipasinya melalui pembuatan dan perbaiki KTP langsung di Kecamatan.


"Kami bekerjasama dengan disdukcapil, untuk pelaksanaannya," tuturnya.


Target partisipasi pemilih pada PSU ini pun sama dengan target Pilkada Pilgub Tahun 2020 lalu yakni 79 persen.


(Hamdiah)

32 tampilan0 komentar