Jelang Penertiban, Perwakilan Warga Batuah Lakukan Mediasi Bersama Forkopimda

terasbanua.com, Banjarmasin - Jelang proses pembongkaran di kawasan Pasar Batuah. Lantunan sholawat diiringi isak tangis dari Warga Pasar Batuah mewarnai aksi penertiban tersebut.



"Lihat coba lihat, kami tidak ingin rumah kami digusur. Kasihani kami," ucap salah satu warga Batuah, Sabtu (18/6/2022).


Disisi lain, tidak jauh dari warga Batuah yang menghadang petugas gabungan TNI-Polri, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) tersebut.


Perwakilan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Banjarmasin yakni Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Banjarmasin, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Banjarmasin, Ichrom Muftezar dan Kepala Dinas Satpol PP Kota Banjarmasin, Ahmad Muzaiyin dan lainnya melakukan mediasi bersama perwakilan warga Pasar Batuah.


Dalam mediasi tersebut, perwakilan dari warga Pasar Batuah meminta pelaksanaan penertiban untuk ditunda dulu. Mengingat proses hukum di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) masih berjalan.


"Mohon taati proses hukum yang sedang berjalan saat ini. Jangan sampai Pemerintah Kota Banjarmasin (Pemko) mencontoh untuk tidak taat hukum," kata Badrul Ain Sanusi Al Afif, Ketua Perlemen Jalanan.


Dari hasil mediasi tadi lanjutnya, Pemko Banjarmasin kembali merundingkan. Apakah penertiban tetap dilaksanakan atau ditunda karena menunggu hasil putusan PTUN keluar.


"Hanya pengandilan yang memutuskan siapa yang salah dan benar karena kita negara hukum. Kalaupun hasil putusan kami kalah maka kami legowo," tegasnya.


Selagi hasil putusan belum keluar lanjutnya, Warga Batuah tidak akan menyerahkan tempat tinggal mereka untuk merealisasikan revitalisasi Pasar Batuah yang menyebabkan pengusuruan.


Diketahui, sebelumnya proses penertiban di kawasan lahan Pasar Batuah dijadwalkan pada 16 Juni 2022 lalu.


Namun terpaksa ditunda karena adanya putusan sela dari PTUN bahwa pengadilan menolak permintaan dari pihak kuasa hukum Warga Batuah sehari sebelum penertiban dilakukan.


Hingga pada akhirnya proses penertiban lahan milik Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin pun dijadwalkan kembali pada hari Sabtu (18/6/2022) yakni hari ini.


Hamdiah

37 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua