Jelang Lebaran Warga Padati Pusat Perbelanjaan, Satgas Covid-19 Ingatkan Penyebaran Covid-19

terasbanua.com, Banjarmasin - Sudah menjadi tradisi tahunan, pusat perbelanjaan terus dipenuhi warga yang ingin membeli berbagai keperluan jelang lebaran. Baik itu baju baru maupun keperluan lainnya dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri 1442 H.

Pasar Sudimampir Baru dipadati warga jelang lebaran
Pasar Sudimampir Baru dipadati warga jelang lebaran

Mengenai hal tersebut, juru bicara satuan tugas penanggulangan Covid-19 Kota Banjarmasin, Machli Riyadi menghimbau kepada pelaku usaha untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dengan mengawasi para pengunjung yang datang ingin berbelanja.


"Wajibnya menerapkan protokol kesehatan yakni mengunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan tidak membiarkan begitu saja jika terjadi kerumunan dengan jumlah yang besar," ucap Machli, Selasa (4/5/2021).


Menurut Machli jika dalam satu ruang dipenuhi sesak orang tentu akan berpotensi terjadinya penyebaran Covid-19.


"Kalau jumlah melebihi kapasitas dalam ruangan tersebut dan berkumpul lebih dari satu jam serta tidak mengunakan masker. Itulah yang kategorinya berpotensi tertularnya Covid-19," tuturnya.


Dirinya juga mengaku baru mengetahui dari awak media terkait berbondong-bondongnya warga ke pusat perbelanjaan tanpa mengindahkan pandemi Covid-19.


"Baru saja mendapat informasi itu dan akan kami tindaklanjuti dengan berkoordinasi dengan Satpol PP dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan," imbuhnya.


Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin ini juga mendorong agar di pusat perbelanjaan membentuk tim satgas sendiri dan berkoordinasi dengan satgas Kota Banjarmasin dalam pelaksanaanya.


"Kalau misalnya mereka tidak bisa menanggani sendiri ya bisa berkoordinasi dengan tim satgas kota yang akan turun ke lapangan," pungkasnya.


(Hamdiah)

2 tampilan0 komentar