Jelang Lebaran, Sopir Bus Terminal Kilometer 6 Jalani Pemeriksaan Urine Penyalahgunaan Narkoba

terasbanua.com, Banjarmasin - Menyambut arus mudik lebaran, Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kalimantan Selatan (Kalsel) bekerja sama dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Kalsel melakukan pemeriksaan urine dan kesehatan terhadap sopir bus di Terminal Kilometer 6, Selasa (26/4/2022).



Tentunya kegiatan ini bertujuan untuk memastikan bahwa sopir bus baik itu antarkota dalam provinsi (AKDP) maupun antarkota antarprovinsi (AKAP) bersih dari penyalahgunaan narkoba.


"Kita ingin memberikan rasa aman pada penumpang yang akan menjalani mudik. Makanya kita lakukan pemeriksaan ini," ucap Kepala BNNP Kalsel Brigjend Pol Drs Jackson Lapalonga di sela-sela pemeriksaan sopir.


Pemeriksaan sendiri lanjutnya, tidak dilakukan menyeluruh terhadap sopir bus yang ada di Terminal Kilometer 6. Hanya dilakukan secara random dan beberapa sampel saja.


"Sekitar belasan sampel saja kita ambil secara random dari sopir bus," ujarnya.


Nanti lanjutnya, pemeriksaan akan berlanjut dan dilakukan lagi di tempat-tempat lainnya.


"Ini rutin kita lakukan karena momen mudik lebaran aktivitas jalan cukup banyak. Tentu pemeriksaan dilakukan guna menciptakan rasa aman terhadap pemudik," ujarnya.


Kalaupun nanti hasilnya ditemukan sopir bus yang mengunakan narkoba. Maka akan dilakukan pendalaman dan di tindak lebih lanjut.


"Kita memastikan sudah berapa lama ia mengunakan, untuk pemecatan itu langsung dari Dishub nantinya," tandasnya.


Sementara itu, Kepala Dishub Kalsel, Rusdiansyah mengatakan ada sanksi tegas yang menanti bagi para sopir bus yang kedapatan mengunakan barang haram tersebut.


"Dari sisi kita, kita larang mereka mengemudi dan pastinya kita ganti yang lain. Demi keselamatan penumpang," tuturnya.


Namun dari 15 sampel yang telah diambil. Hasil tidak menunjukkan para sopir bus adalah penguna narkoba.


"Semoga yang lainnya tidak juga," tutupnya.


(Hamdiah)


2 tampilan0 komentar