Jelang Lebaran, Pemko Banjarmasin Lakukan Inspeksi Makanan Di Pasar Modern

terasbanua.com, Banjarmasin - Mendekati Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Pemerintah Kota Banjarmasin, lakukan inspeksi makanan dan minuman kadaluwarsa di pasar modern.

Suasana peninjuan yang dilakukan Pj Wali Kota Banjarmasin, Akhmad Fydayeen di Hypemart
Suasana peninjuan yang dilakukan Pj Wali Kota Banjarmasin, Akhmad Fydayeen di Hypemart

Bersama Pelaksanaan Harian (Plh) Sekretariat Daerah (Sekda), Mukhyar dan pihak terkait. Pj Wali Kota Banjarmasin, Akhmad Fydayeen lakukan pengecekan langsung terhadap makanan dan minuman yang terpajang, apakah kadaluwarsa atau tidak.


"Alhamdulillah dari penjelasan Pak Jefri dan kawan-kawan yang turun langsung ke lapangan tidak menemukan makanan kadaluwarsa. Terakhir saya coba lihat paling kadaluwarsa di bulan November," ucap Dayeen kepada awak media usai melakukan peninjauan langsung di Hypemart, Selasa (4/5/2021) siang.


Dayeen juga mengucapkan terima kasih kepada pelaku usaha yang telah berkomitmen untuk tidak menjual makanan dan minuman yang kadaluwarsa apalagi menjelang lebaran tahun ini.


"Kami Pemerintah Kota Banjarmasin berterima kasih dalam hal menjaga kesehatan masyarakat yakni dengan tidak menjual makanan tidak kadaluwarsa," tuturnya.


Staff Manajer Hypermart, Jeffri Donovan mengaku pihaknya terus melakukan pengecekan setiap minggunya guna menghindari adanya makanan dan minuman kadaluwarsa yang terjual kepada konsumen.


"Kita setiap minggu itu ada namanya check is supplier. Untuk barang no fresh itu setiap hari Selasa dan setiap hari Sabtu - Minggu untuk barang fresh," jelas Jeffri.


Lanjutnya, "Kita pastikan jika ditemukan yang kadaluwarsa tertentu kita akan return ke supplier atau kita bakar karena kita tetap menjaga produk kita sehat untuk masyarakat,".


Sementara itu, Kepala Kepala Bagian Balai Besar POM Kalimantan Selatan (Kalsel) di Banjarmasin, Hartono menghimbau warga untuk lebih teliti dalam berbelanja kebutuhan.


Mengingat jelang lebaran permintaan meningkat kemungkinan ada oknum nakal yang memanfaatkan situasi tersebut untuk menjual makanan dan minuman yang sudah kadaluwarsa.


"Yaitu dengan Check Klik, check Kemasan masih bagus atau tidak, check label lengkap tidak, check izin edar ada tidak kalau tidak elegan dan check kadaluwarsanya yang bisa dilakukan warga," himbaunya.


(Hamdiah)

2 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua