Jelang Lebaran, Mesjid di Banjarmasin Sudah Ramai Menerima Zakat Fitrah Masyarakat

terasbanua.com, Banjarmasin - Menjelang lebaran, di sejumlah mesjid di Kota Banjarmasin sudah mulai membuka penerimaan zakat fitrah bagi umat muslim yang ingin membayar zakat.


Warga membayar zakat fitrah kepada Petugas Amil Zakat Fitrah di Mesjid At-Taqwa.

Salah satunya di Mesjid At-Taqwa yang berlokasi di Jalan Ahmad Yani Kilometer 4, Banjarmasin Timur. Terlihat sejak Sabtu (30/4/2022) sore, sudah mulai ramai didatangi masyarakat yang hendak menunaikan kewajiban setahun sekali tersebut.


Petugas Amil Zakat Fitrah Mesjid At-Taqwa, Fadli Rahman menuturkan bahwa untuk aktivitas penerimaan zakat fitrah ini sudah mulai dibuka awal bulan Ramadhan. Namun aktifnya pada pertengahan bulan.


"Puncaknya sudah terasa di H-2 itu dan sudah mengalami peningkatan orang yang mau bayar zakat fitrah dari jam 2 siang hingga 9 malam setiap harinya," ucapnya, Sabtu (30/4/2022) kemarin.


Ia mengungkapkan selama dibukanya penerimaan zakat fitrah di Mesjid At-Taqwa, kebanyakan yang membayar zakat merupakan masyarakat yang dalam perjalanan pulang kampung ataupun musafir yang kebetulan melintas.


"Karena ini mesjid persinggahan jadi kebanyakan yang membayar zakat itu bukan warga disini," ucapnya, Sabtu (30/4/2022) kemarin.


Adapun warga setempat, biasanya memasuki H-1 lebaran baru akan membayarkan zakat fitrahnya di Mesjid At-Taqwa.


"Paling 10 persen warga sini yang bayar zakat fitrah soalnya samping-samping mesjid ini sudah banyak musolah. Jadi mereka membayarnya disana," paparnya.


Guna memudahkan masyarakat yang ingin membayar zakat fitrah, pihaknya juga telah menyediakan pedagang beras yang telah dikemas di halaman Mesjid At-Taqwa. Sehingga masyarakat bisa langsung membeli beras tanpa harus membawa dari rumah.


"Tahun kemarin dari petugas amil yang menyiapkan beras bagi masyarakat yang ingin membeli. Tapi baru tahun ini yang langsung kita sediakan pedagang berasnya," terangnya.


Dibandingkan tahun sebelumnya, diakuinya untuk tahun ini pihaknya lebih banyak menerima zakat fitrah berupa beras dari pada uang tunai.


Adapun untuk pendistribusian zakat fitrah yang telah diterima nantinya dibagikan pada warga di sekitaran Mesjid At-Taqwa.


"Zakat fitrah beras kita bagikan kepada warga di kawasan sini, kalau uang kebanyakan kita serahkan di setiap RT di lingkungan Mesjid At-Taqwa," akhirnya.


(Hamdiah)

0 tampilan0 komentar