Jelang Lebaran, Jasa Penukaran Uang Ramai Buka Lapak Di Pinggir Jalan Kota Banjarmasin

terasbanua.com, Banjarmasin - Jelang Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah, jasa penukaran uang mulai ramai terlihat di kawasan Jalan Lambung Mangkurat Kota Banjarmasin.



Dari pantauan jurnalis terasbanua.com, Kamis (28/4/2022) siang. Terlihat sejumlah jasa penukaran uang nampak berderet di pinggir jalan untuk menawarkan beragam uang mulai dari Rp. 2 ribu, Rp. 5 ribu hingga Rp. 20 ribu.


Jamal (52) salah satu pelaku jasa penukaran uang di Jalan Lambung Mangkurat Kota Banjarmasin, mengaku sudah 10 tahun lama dirinya menggeluti profesi ini.


"Sejak 2012 saya sudah bekerja sebagai jas penukaran uang," ungkapnya.


Diakuinya jelang lebaran menjadi momentum pas untuk usahanya, keuntungan yang didapat pun lumayan dibandingkan hari biasa.


Apalagi H-7 lebaran, jasa penukaran uang miliknya mengalami peningkatan cukup signifikan. Banyak orang yang mengunakan jasanya.


"Dari awal sepi dulu dan seminggu terakhir seperti sekarang ini sudah ramai," ucapnya.


Meskipun begitu lanjutnya, untuk H-2 lebaran jasa penukaran uang akan kembali sepi seperti hari biasanya.


Penukaran uang yang paling banyak dicari masyarakat, biasanya adalah uang pecahan Rp. 2 ribu dan Rp 5 ribu.


Adapun harga pengunaan jasa penukaran uang untuk satu kalinya tergantung uang yang akan ditukarkan. Mulai dari 5 persen hingga 15 persen setiap penukarannya.


"Kalau penukarannya berjumlah seratus ribu, itu bisa jadi Rp. 105, Rp. 110 hingga Rp. 115 tergantung uang yang dipilih," ungkapnya.


Diakuinya selama 10 tahun telah menggeluti profesi ini. Penurunan sangat terasa di tahun ini, bahkan penurunan hingga 50 persen.


"Tahun ini turun sekali. Dibandingkan dua tahun lalu sekarang ini yang terasa karena dulu awal-awal Covid-19 tidak terasa," pungkasnya.


(Hamdiah)

3 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua