Jelang Hari Raya Idul Adha, DKP3 Gelar Pelatihan Bimbingan Teknis Pemotongan Hewan Kurban

terasbanua.com, Banjarmasin - Menjelang Hari Raya Idul Adha, Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Banjarmasin mengelar pelatihan bimbingan teknis dalam pemotongan hewan kurban di Aula DKP3, Selasa (6/7/2021) pagi.

Suasana pelatihan bimbingan teknis pemotongan hewan kurban yang digelar di Aula DKP3 Banjarmasin
Suasana pelatihan bimbingan teknis pemotongan hewan kurban yang digelar di Aula DKP3 Banjarmasin

"Kita memberikan pelatihan bimbingan teknis pemotongan hewan kurban sesuai syariat Islam dan kesejahteraan hewan. Biasanya pelatihan di RPH (Rumah Pemotongan Hewan) tapi karena ada sedikit kendala di masalah teknis jadi kita pindahkan ke Aula," ucap Medik Veteriner DKP3 Kota Banjarmasin, Annang Dwi Jatmiko kepada awak media.


Diakui Annang tentunya pelaksanaan kurban tahun ini akan sedikit berbeda, mengingat masih dalam situasi Covid-19.


"Biasanya ada di lokasi tempat-tempat perumahan di masjid. Sekarang lebih banyak dititik beratkan di rumah potong hewan," tuturnya.


Kendati demikian, pelaksanaan di luar dari RPH tetap diperkenankan saja asal menerapkan protokol kesehatan. Selain itu pihaknya juga akan memantau langsung pelaksanaannya.


"Meskipun di luaran ada juga tapi kita datang dan kita pantau karena di mana-mana panitia kurban menyelanggarakan kurban tahun ini," imbuhnya.


Hal tersebut dilakukan tak lain untuk menghindari terjadinya kerumunan dalam pelaksanaan kurban.


"Kita arahkan seperti itu, supaya tidak ada kerumunan yang banyak saat proses pemotongan di hari raya Idul Adha," pungkasnya.


Dalam pelatihan ini turut dihadiri panitia kurban yang tersebar dari lima Kecamatan yang ada di Banjarmasin secara random.


"Jadi ada 50 orang yang terdiri panitia kurban semua yang kita undang," ujarnya.


Pelatihan bimbingan teknis ini juga turut dihadiri Majelis Ulama Indonesia (MUI) kota Banjarmasin sebagai pemateri serta dari DKP3 sendiri yang menyampaikan bagian teknis cara pemotongan yang baik dan benar.



(Hamdiah)

5 tampilan0 komentar