Jelang Akhir Tahun, Jasa Pengiriman Barang di Banjarmasin mengalami penurunan

TERAS BANUA, BANJARMASIN - Jelang akhir tahun, jasa pengiriman barang melalui ekspedisi di Lintas Jawa Group Banjarmasin mengalami penurunan dibandingkan dari tahun-tahun sebelumnya.

Jasa pengiriman barang dari pulau Jawa menuju Banjarmasin sepi
Jasa pengiriman barang dari pulau Jawa menuju Banjarmasin sepi

Hal ini akibat pandemi Covid-19 di Indonesia sejak pertengahan bulan Maret lalu hingga menjelang akhir tahun, yang mengakibatkan menurunnya perekonomi masyarakat.


Satu pelaku usaha jasa ekspedisi di Banjarmasin, Saut Nathan Samosir, mengatakan untuk jasa pengiriman dari pulau Jawa menuju Banjarmasin berkurang dari sebelum pandemi Covid-19.


"Saat pandemi ini untuk pengiriman Jakarta, Surabaya menuju Banjarmasin itu paling banyak hanya 2-3 truk Fuso, dibandingkan tahun sebelum pandemi itu 5-6 truk Fuso. Bahkan menjelang natal dan tahun baru pun tidak ada perubahan," ucap Saut Nathan Samosir, yang juga menjabat Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Banjarmasin.


Diakuinya penurunan pada order jasa pengiriman mulai dirasakan sekali, setelah habis masa pemberlakuan PSBB di Kota Banjarmasin.


"Kalau awal-awal pandemi itu masih 80 persen, mulai dari bulan Juni setelah habis masa PSBB itu kita sudah bisa sampai 40-50 persen saja, nah saat ini ya sekitar 50-60 persen lah barang masuk, terjadinya penurunan hingga 40 persen," terangnya.


Menurutnya, salah satu faktor utama terjadinya penurunan yang mencapai hingga 40 persen, bukan karena cuaca tapi dikarenakan anak-anak belum sekolah tatap muka, sehingga barang-barang yang digunakan saat sekolah jarang di cari.


"Konsumen dari pemakai barang untuk anak-anak sekolah seperti alat tulis, buku, seragam dan lain-lainnya, untuk saat ini kan masih libur dan sekolah secara virtual, itu mungkin salah satu penyebab utamanya," pungkasnya.


(Hamdiah)

8 tampilan0 komentar