Jaruk Tigarun, Sayur Lalapan Banjar Musiman Yang Sudah Mulai Langka


terasbanua.com, Banjarmasin - Sayur jaruk tigarun merupakan kuliner khas asal Kalimantan Selatan (Kalsel) yang saat ini sudah semakin langka dicari.



Sulitnya mencari sayur ini, dapat dilihat dari penjualnya yang sudah sangat jarang ditemukan sekarang ini yang biasa hanya ada di pasar-pasar tradisional di Kalsel.


Selain itu, keberadaan sayur lalapan khas dari Kalsel ini juga musiman yang mana hanya bisa dinikmati setahun sekali.


Biasanya kembang tigarun akan mekar pada di saat air sungai pasang. Saat itulah sayur langka ini bisa dipetik dan diolah.


Salah satu penjual sayur tigarun di Pasar Pekauman Banjarmasin, Zainab mengatakan ketika sudah memasuki musimnya. Baru lah ia bisa menjual sayur langka ini.


"Kalau sudah musim baru saya jual sayur tigarun ini yang mana setiap tahun itu sekali saja adanya," ucapnya kepada jurnalis terasbanua.com, Jumat (11/2/2022).


Adapun sayur langka ini, ia peroleh dari pedagang sayur tigarun di Pasar Subuh Sentra Antasari Banjarmasin untuk dijual kembali.


Diakuinya, memang saat awal musim sayur ini banyak dicari masyarakat. Namun makin di pertengahan musim, sudah mulai jarang dicari.


"Kalau sekarang paling tiga bungkus habis, karena orang-orangnya saja yang bisa makan tigarun ini," terangnya.


Per bungkusnya sayur tigarun ini ia jual dengan diharga Rp.2 ribu. Dimana awal musim harga sayur tigarun dijual Rp.2.500.


"Sekarang sudah murah cuman 2 ribu sebungkusnya," akhirnya.


Biasanya sayur tigarun ini lebih nikmat disantap dengan nasi hangat ditambah sambal acan khas Banjar.


(Hamdiah)

2 tampilan0 komentar